I made this widget at MyFlashFetish.com.

Tuesday, July 9, 2013

Pelatihan CO Bagi Kelompok Pengrajin Tradisional di Kayong Utara




Sabtu-minggu pekan lalu (6-7 juli 2013), Yayasan Palung mengadakan pelatihan Community Organizer (perorganizeran masyarakat-red) bagi kelompok pengrajin tradisional, hasil hutan bukan kayu di Kabupaten Kayong Utara. 
Pelatihan CO, peningkatan kapasitas bagi pengrajin hhbk, foto dok. YP

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut dihadiri oleh para pengrajin tradisional yang tergabung dalam kelompok-kelompok pengrajin hasil hutan bukan kayu (HHBK), kelompok pengrajin ini merupakan kelompok dampingan dan binaan Yayasan Palung.
Pelatihan CO, saat penyampaian materi bagi peningkatan kapasitas bagi pengrajin hhbk, foto dok. YP
Peserta dalam pelatihan ini dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing kelompok sebanyak 5 orang peserta yang berasal dari Desa Sejahtera, Desa Pangkalan Buton, Desa Harapan Mulia di Kecamatan Sukadana dan dari Desa Batu Barat, Kecamatan Simpang Hilir, KKU. Pelatihan CO bagi kelompok pengrajin HHBK, juga dalam pelaksanaan mendapat sambutan baik dari perangkat desa di empat desa dampingan Yayasan Palung, hal ini terlihat dari antusias dengan kehadiran Kepala Dusun dan perangkat Pemerintah Desa hadir dalam acara tersebut, dengan demikian jumlah peserta yang hadir berjumlah 20 orang peserta.
Pelatihan CO, saat foto bersama peserta pelatihan,pengrajin hhbk, foto dok. YP    
 
Pelatihan CO, saat diskusi, pelatihan peningkatan kapasitas bagi pengrajin. foto dok. YP

Menurut F. Wendi Tamariska, sebagai livelihood coordinator program Yayasan Palung, sekaligus sebagai pendamping bagi para pengrajin tradisional hhbk, pelatihan Community Organizer (perorganizeran masyarakat) ini diselenggarakan dengan tujuan  diharapkan anggota-anggota kelompok pengrajin hhbk bisa memahami dan menjalankan tugas serta prinsip-prinsip organiser. Selain itu, peserta dalam pelatihan ini mampu untuk membangun dan menjalankan tujuan kelompok dengan metode organiser.
Dalam pelaksanaan pelatihan CO tersebut, sebagai trainer adalah F. Wendi Tamariska. Adapun tempat pelaksanaan pelatihan bertempat di kantor Bentangor, Yayasan Palung, di Desa Pampang Harapan.
Pelaksanaan pelatihan CO bagi pengrajin berjalan sesuai dengan harapan dan berjalan sesuai dengan rencana juga mendapat sambutan baik dari peserta pelatihan.
By : Petrus Kanisius “Pit”- Yayasan Palung
 

No comments:

Post a Comment