I made this widget at MyFlashFetish.com.

Monday, August 30, 2010

Yang Perlu kita ketahui tentang Orang Utan adalah :

Sambungan...........

11.Saat ini mungkin tidak lebih dari 50.000 Orangutan di Kalimantan. Sumatra 6.650 Orangutan. Setengah dari jumlah populasi orangutan 20 tahun yang lalu. Jika ancaman terhadap Orangutan dan habitatnya terus berlangsung, dalam 50 tahun ke depan (sejumlah organisasi bahkan memperkirakan lebih cepat ), Orangutan yang hidup di alam akan punah.
12.Hilangnya habitat merupakan ancaman nomor satu bagi Orangutan . Indonesia kehilangan rata-rata 1,87 juta hektar hutan setiap tahunnya, diantaranya karena perluasan perkebunan yang menghancurkan hutan alam.
13.Sejak tahun 1985 hingga 2007, pulau Sumatra kehilangan 12 juta hektar hutan alam atau 8% dari total hutan alam Indonesia dalam waktu 22 tahun terakhir. Bahkan pada 2007, Sumatra hanya mempunyai 30% hutan alam atau sekitar 13 juta hektar.
14.Ancaman langsung terhadap Orangutan adalah Perdagangan dan perburuan. Data menyebutkan bahwa jumlah Orangutan Borneo yang tersedia dalam proses perdagangan bisa melebihi 500 individu setiap tahunnya, berhubung untuk menangkap bayi orangutan para pemburu harus membunuh induk orangutan dalam proses penangkapan bayi Orangutan cukup terarah.
15.Meski Orangutan dilindungi secara umum, namun habitat Orangutan tidak. Pada hal, ancaman terbesar punahnya orangutan didalam adalah hilangnya habitat orangutan. Bertanggung jawab pada 80% emisi gas rumah kaca, berkonstribusi terhadap pemansan global yang pada gilirannyaberdampak tidak saja pada orangutan, tetapi pada kita semua.

Sumber; Yayasan Palung
Bersambung.........

No comments:

Post a Comment