I made this widget at MyFlashFetish.com.

Thursday, January 10, 2013

Waspada !!!... Angin kencang dan Dampaknya




Foto : Citra satelit pada 9 Januari 2013, 09:00 Wib, info BMKG

Angin kencang adalah angin dibuat oleh area udara yang dingin secara signifikan akibat hujan, setelah mencapai permukaan tanah, menyebar ke segala arah memproduksi angin kencang. Tidak seperti angin tornado, angin dalam suatu angin kencang diarahkan ke arah luar dari titik di mana menyentuh tanah atau air. Angin kencang kering dikaitkan dengan badai dengan hujan sangat sedikit, sementara angin kencang basah diciptakan oleh badai dengan jumlah curah hujan yang tinggi.

Angin kencang dan hujan deras terjadi beberapa hari ini diakibatkan oleh adanya dampak dari Siklon Tropis atau Badai Narelle (terjadi Siklon Tropis Narelle di Samudra Indonesia pada posisi 12.3 LS, 117.4 BT (sekitar 425 KM sebelah selatan Mataram). Siklon Tropis Narelle ini bergerak ke arah barat dengan kecepatan 9 knot (17 KM/jam), bergerak menjauhi wilayah Indonesia, sumber data: BMKG).

 Siklon Tropis atau Badai Narelle ini, hujan dengan itensitas ringan sampai lebat terjadi di Sumatera bagian selatan, Kalimantan bagian barat dan selatan, Jawa, Nusa Tenggara Timur, pesisir selatan Bali dan Nusa Tenggara Barat. Gelombang laut setinggi 3 meter atau lebih juga terjadi di perairan selatan Jawa Tengah, perairan Kalimantan Selatan, Laut Jawa bagian timur, perairan Kep. Kangean, Laut Bali, Selat Makassar bagian selatan, Laut Sumbawa, NTT, NTB. Kecepatan Badai Narelle di Bali ini mencapai 50 knot ( sumber data; haloBali). Dampak Badai Narelle ini tidak hanya dirasakan oleh Indonesia, tetapi juga Australia bagian barat laut ( sumber data; sydneynewsnow).




Foto : Siklon Tropis Narelle, doc. Pergerakan siklon tropis Narelle (sumber: abc.net.au)

Dampak dari angin kencang sangat berpengarug terhadap aktivitas kehidupan manusia. Pengaruh langsung secara jelas adalah bagi nelayan. Gelombang tinggi mencapai 3-5 meter menyebabkan para nelayan tidak berani melaut mencari ikan untuk pemenuhan nafkah hidup. Dampak lainnya juga terhadap transfortasi laut, larangan sementara untuk melaut tentunya sedikit banyak berpengaruh terhadap kelancaran dan sumber pemasukan bagi penyedia sarana transportasi laut, tentunya juga berimbas pada kelancaran aktivitas kegiatan pengguna jasa.

Foto : Tower Radio Gema Solidaridas dan RSPDK Roboh, Doc. Andika & borneoclimatechange.org

Tidak hanya itu, dampak angin kencang dapat melumpuhkan berbagai sarana dan prasarana jalan dan sumber penerangan. Hal ini di pengaruhi oleh pohon yang tumbang dan tiang listrik di beberapa titik jalan raya. Demikian juga terjadi pada fasilitas lainnya seperti menara (tower) radio. Selain itu angin kencang berpengaruh mengancam pada bangunan-bangunan tinggi seperti rumah bertingkat dan menara-menara tinggi. Robohnya menara radio dan 20 tiang listrik serta pohon tumbang telah terjadi di Kabupaten Ketapang. Hal serupa juga terjadi di daerah lainnya hampir merata di seluruh Indonesia.

Foto : Pohon tersebut tumbang akibat angin kencang yang melanda Pontianak, Jumat (4/1), Doc.Tribun Pontianak/Galih Nofrio Nanda 

Dampak angin kencang yang terjadi saat ini tentunya harus diwaspadai oleh semua, mengingat demi keselamatan semua pula. Diperkirakan cuaca ekstrim dan tidak menentu berupa angin kencang akan terjadi hingga pertengahan bulan januari. Semoga kita selalu waspada.  (Pit- YP, diolah dari berbagai sumber).

No comments:

Post a Comment