I made this widget at MyFlashFetish.com.

Monday, January 18, 2010

KEGIATAN YANG DILAKUKAN YAYASAN PALUNG AKHIR 2009


  1. Pelatihan media dan kreatifitas belajar mengajar guru Smp KKU ; Kegiatan ini 2 hari, dari tanggal 16-17 des 09. Nama kegiatan Pelatihan tentang pemanfaatan media lingkungan dalam proses pembelajaran. Pesertanye, guru-guru SMP di Kec Sukadana. Pemanfaatan lingkungan alam dan lingkungan sekitar kita sebagai media pembelajaran ; Koran bekas, sinetron, film, pohon, tanah, air, sebagai bahan ajar dengan metode menyenangkan siswa, tidak membosankan, menarik sehingga dapat diserap siswa yang memiliki tingkat daya serap terendah sekalipun.
  2. Pembuatan energy alternative.kegiatan energy alternative baru pada tahap persiapan perlengkapan, bahan yang berasal dari drum bekas minyak dan sudah dimodifikasi sesuai kebutuhannya ini akan dicoba pada tahun 2010.Dengan tujuan pemanfaatan limbah/kotoran ternak/tanaman yang mengandung metan, bisa menghasilkan gas sebagai bahan bakar
    pengganti minyak tanah yang sudah langka dan mahal serta pengganti kayu bakar yang sulit di dapat dengan harapan dapat sebagai alternative peningkatan pendapatan masyarakat desa.
  3. Panen CaBe ;Tanaman yg diolah dengan system poly bag dan organic ini sudah mulai di panen hasilnya, dlm bulan desember sekitar 5-6 kg hasilnya, dari pendapat beberapa orang yg makannya, mrk bilang pedas, ad juga blg manis ad asamnye sikit. Jenis tanaman ini mempunyai daya tahan yg lebih baik dari jenis cabe yang lain terhadap masa transisi atau pergantian musim ini, dimana banyaknya tanaman cabe mengalami gangguan, diserang penyakit terutama jamur yang hidupkarena tingginya kelembapan alam. Metode Poly bag yg dikembangkan disesuaikan dengan keadaan lingkungan sekitar yg merupakan daerah limpasan air hujan dari daerah tinggi sekitarnya, sehingga akan memudahkan dalam pemeliharaan, pengawasan dan diharapankan dapat mengubah pola pikir masyarakat yg berkebun/bertani di daerah tinggi/pegunungan agar memanfaatkan lahan sekitar mereka dengan cara yg mudah, murah namun dapat menghasilkan pendapatan tanpa tergantung musim..
  4. Radio program : bekerjasama dengan beberapa radio di ketapang. 2 radio swasta, 1 radio pemerintah. kami memberikan informasi dan membahas permasalahan lingkugan secara global, dengan beberapa narasumber di salah satu radio pemerintah.acara ini bertemakan “ BINCANG HIJAU “. Di beberapa stasiun radio swasta kami memberikan materi-materi baca tentang lingkungan dan tips-tips tentang lingkungan setiap harinya.
  5. Pendampingan di beberapa desa yang ada di Kabutapen Kayong Utara, yaitu di desa RIAM BERASAP JAYA, Desa LAMAN SATONG, Desa PAMPANG HARAPAN, pendampingan perempuan dalam pembuatan TOGA ( tanaman obat keluarga ), ibu-ibu PKK, pembuatan hutan desa , peningkatan kapasitas masyarakat desa. Dll
6. Kegiatan putar film di Riam Berasap Tema ”Orangutan”.Kegiatan putar film ini sekaligus di sanding dengan acara pembagian hadiah pemenang lomba TOGA, Film yang diputar mengenai Kondisi orangutan di Rehabilitasi. Putar film tersebut di di saksikan oleh anak-anak dan orang dewasa. Jumlah anak- anak + 20 orang, dan penonton Dewasa + 20 orang.

7. Ikut bersama sebagai tim Kerja dengan Taman Nasional Gunung Palung Untuk Konsultasi publik di beberapa wilayah yang berdekatan dengan Kawasan TNGP yaitu Desa Pampang dan Desa Sedahan Jaya Kecamatan Sukadana serta Desa Matan dan Desa Batu Barat di Kecamatan Simpang Hilir.
8. Konsultasi Publik Kabupaten Kayong Utara. Tim Kerja dari Zonasi Taman Nasional Gunung Palung pada saat konsultasi publik di Kabupaten hanya menyampaikan hasil dari konsultasi publik tingkat Desa dan Kecamatan.
  1. Pendampingan sispala di beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Ketapang , Field Trip ke Lubuk Baji Sispala Repatones ( SMA YOHANES KETAPANG ) melakukan pengamatan fauna dan flora,pengamatan indicator air, Sispala CARE ( SMA Negeri 2 KETPANG ) melakukan Survival “ bertahan hidup di alam bebas “,Mountenering, pelantikan anggota baru, dan pendampingan secara rutin setiap hari sabtu.
SALAM LESTARI.....


No comments:

Post a Comment