I made this widget at MyFlashFetish.com.

Tuesday, September 21, 2010

Manfaat Hutan Rawa Gambut Bagi Lingkungan Dan Makhluk Hidup

Hutan rawa gambut merupakan tumpukan bahan organik yang belum terdekomposisi (tidak terdekomposisi dengan baik), yang memerangkap dan menyerap karbon di dalamnya dan membentuk lahan dengan profil yang disusun oleh bahan organik dengan ketebalan mencapai lebih dari 20 meter. Tanaman-tanaman yang tumbuh di atas gambut membentuk ekosistem hutan rawa gambut yang mampu menyerap karbondioksida dari atmosfer untuk berfotosintesis dan menambah simpanan karbon dalam ekosistem tersebut, Budianta, 1988.
Hutan rawa gambut memiliki peran yang sangat besar bagi pengatur keseimbangan air, sumber oksigen, instrusi air laut, kunci utama biodiversity, dan merupakan habitat Orangutan serta satwa dilindungi lainnya yang mempunyai keanekaragaman hayati tak ternilai harganya. Selain itu juga, hutan rawa gambut memiliki peran ganda sebagi penyerap air alami paling banyak bagi tumbuh-tumbuhan di sekitar.
Penyebaran hutan rawa gambut dapat ditemukan di beberapa Kecamatan di Kabupaten Ketapang seperti ; 1. Hutan Gambut Sungai Tolak (HPK Sungai Tolak Utara) HPK : Hutan Gambut antara Sungai Tolak dan Taman Nasional Gunung Palung, hutan bekas penebangan, kedalaman lebih dari 3 meter, habitat Orangutan, 2. Kawasan Hutan Gambut Sungai Pawan Hilir Kawasan Hutan gambut dalam (hasil pengukuran menunjukan kedalaman antara 3 hingga 7 meter), hutan gambut bekas tebangan, 3. HPK Sungai Tolak – Sentap Kancang (Blok Hutan Sungai Putri)
HPK : Hutan Gambut Sungai Putri, Sungai Tolak Selatan, bekas penebangan, gambut dengan kedalaman lebih dari 3 meter, habitatOrangutan, 4. HP/HPK Hutan Gambut Pematang Gadung termasuk Sungai Besar, SungaiPelang HP/HPK Pematang Gadung termasuk Sungai Besar, Sungai Pelang, Hutan gambut bekas tebangan, gambut dalam lebih dari 3 meter, habitat Orangutan, belum di bebani izin, 5. Areal Pengunaan Lain (APL) Hulu Sungai Tapah APL Hutan rendah bekas tebangan, dikelilingi sawit, 6. Hutan Gambut Sungai Tengar Barat, HPK Sungai Tengar Selatan HP/HPK, hutan gambut bekas tebangan, gambut dalam lebih dari 3 meter, habitat Orangutan, sebagian belum dibebani izin berdasarkan temuan dan hasil Survei Yayasan Palung.
Begitu besar sebaran lahan hutan rawa gambut memiliki fungsi yang tidak ternilai bagi seluruh makhluk hidup di sekitar hutan rawa gambut. Hutan rawa gambut memiki arti penting, biarlah hutan rawa gambut tetap lestari, dengan demikian makhluk hidup hidup dapat terjaga, hutan tetap lestari dan terhindar dari banjir.

(Pit-YP).

No comments:

Post a Comment