I made this widget at MyFlashFetish.com.

Tuesday, March 13, 2012

Field trip SD Begasing di Pusat Pendidikan Lingkungan Bentangor





“ Field trip SD Pengenalan Alam Secara Langsung dan Bermain Boneka”

Keceriaan tampak di wajah 13 murid SDN 18 Begasing, keceriaan ini terlihat ketika mereka melakukan field trip (perjalanan belajar di alam -red). Kegiatan ini diadakan di Pusat Pendidikan Lingkungan Yayasan Palung Bentangor Pampang Center, KKU, Kalbar, selasa, (13/03/2012).

Field trip yang dimulai pada pukul 08.00 wib, mendapat sambutan baik dari siswa-siswi SD. Mereka terlihat sangat semangat dan serius untuk mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pembimbing yang mendampingi mereka. Pada field trip kali ini, siswa-siwa diajak untuk mengenal lingkungan secara langsung. Mereka juga diajak berkeliling di jalur-jalur field trip hutan, oleh pendamping. Mereka didampingi oleh 2 guru mereka dari sekolah, dari Yayasan Palung 4 orang dan siswa-siswi SMKN 1 Simpang Hilir, KKU yang magang di Bentangor. Pendamping memberikan penjelasan di setiap display atau papan berisi informasi-informasi tentang satwa-satwa yang dilindungi dan potensi hutan berupa hasil hutan bukan kayu/HHBK.

Selain itu juga, siswa-siswi diajak untuk bermain boneka, sambil bermain mereka juga bernyanyi. Permainan boneka tersebut berupa boneka orangutan, mereka bergiliran untuk bermain dengan menyanyikan lagu Si Pongo (orangutan-red). Lagu Si Pongo merupakan lagu yang menceritakan tentang kehidupan orangutan. Sepenggal lagunya seperti ini; Si Pongo, Si Pongo tinggal dihutan..., Si Pongo, Si Pongo makan buah-buahan..., Jagalah hutan dan pepohonannya sebelum Si Pongo lapar dan punah.

Selanjutnya Siswa-siswi diajak untuk melihat kompor kehong, kompor ini merupakan kompor yang terbuat dari kaleng bekas dan memanfaatkan serbuk kayu bekas sebagai bahan bakarnya. Kompor ini ramah lingkungan dan hemat dibandingkan dengan minyak, ujar F. Wendi Tamariska selaku koordinator Pendidikan Lingkungan Yayasan Palung Bentangor Pampang Center.

Field trip bagi Siswa-siswi SD ini diperuntukkan bagi kelas 4, 5 dan 6. Kegiatan berjalan sesuai dengan rencana dan mendapat sambutan baik dari pihak sekolah dan murid SDN 18 Begasing, mereka berharap semoga kegiatan ini berlanjut. Pukul 11.30 wib, kegiatan ini berakhir. (Pit-YP).

No comments:

Post a Comment