I made this widget at MyFlashFetish.com.

Wednesday, June 6, 2012

Refleksi Hari Lingkungan Hidup 2012 ; “Perlu Adanya Kepedulian Bersama dan Tindakan Nyata Untuk Lingkungan”



Oleh : Petrus Kanisius dan Tito P. Indrawan, Yayasan Palung

Lingkungan Hidup merupakan elemen terpenting dalam Kehidupan makhluk hidup. Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan sebuah benda, daya, keaadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain (Badan Pengendalian Dampak lingkungan, 1997). Saat ini, kerusakan lingkungan yang terjadi sedikit banyak berpengaruh pada perilaku dan berdampak pada Kehidupan manusia yang tinggal mendiami bumi ini.  

Bertepatan pada Hari Lingkungan Hidup, yang diperingati setiap tanggal (5/6) kemarin, sudah sepatutnya bagi kita untuk merefleksikan hari lingkungan sebagai bahan perenungan bersama akan pentingnya lingkungan hidup bagi keberlanjutan generasi yang akan datang. Hari Lingkungan Hidup tahun 2012 yang mengambil tema  “Green Economy : Does It Include You?”. Disesuaikan dengan konteks Indonesia menjadi Ekonomi Hijau : Ubah Perilaku, Tingkatkan Kualitas Lingkungan. Namun yang mrenjadi pertanyaan  besar adalah Apakah ini sudah benar dilaksanakan?.

Mengacu pada tema lingkungan hidup diatas dapat diartikan bahwa, tindakan dan perilaku manusia terkait aktivitas manusia sedikit banyak berpengaruh terhadap lingkungan khususnya untuk peduli dan bagaimana agar lingkungan bisa terjaga dan bisa berlanjut.  Namun seperti yang kita ketahui bahwa, lingkungan dan alam ini sudah semakin terasa dampak langsungnya bagi Kehidupan dan makhluk hidup. Dampak yang terasa dan sudah terjadi hampir merata di Tanah air seperti bencana; Banjir, angin kencang, kekeringan dan kerusakan alam akibat pembukaan lahan untuk bisnis oleh perusahaan pertambangan dan perkebunan. Belum lagi di tambah masalah sampah yang tidak kunjung usai.

Menyikapi hal tersebut diatas, ada beberapa hal yang menjadi catatan kita bersama; Pertama kebutuhan hidup dan perilaku manusia  menjadi dasar  tumbuh dan tetap terjaganya lingkungan. perlu perhatian bersama oleh semua pihak. Kedua, pola hidup yang mendasari akan pentingnya menjaga lingkungan tidak hanya terbatas pada wacana, tetapi juga dibarengi oleh tindakan nyata, tindakan nyata berupa aksi nyata yakni dengan perbuatan berupa menumbuhkembangkan sikap peduli dengan lingkungan sekitar seperti berprilaku bijaksana dengan sampah. Masih banyaknya sampah yang belum terkoordinir dengan baik  di ruas-ruas jalan dan tempat-tempat strategis hampir terjadi di setiap kota, sehingga banyak dampak yang di timbulkan antara lain; bau menyengat, lingkungan sekitar tidak sehat dan lebih parahnya adalah banjir. Ketiga adanya upaya untuk menggerakan ekonomi hijau yang berbasis lingkungan. upaya tersebut salah satunya berupa penghargaan terhadap alam dan lingkungan terlebih khusus pada hutan dan satwa yang sudah semakin menipis dan langka. Seperti yang kita ketahui, gerakan ekonomi hijau telah dilakukan oleh beberapa pihak atau lembaga lingkungan namun belum semua yang melakukan hal ini. Gerakan hijau berupa Reboisasi, pengelolaan kawasan berupa hutan rakyat atau hutan kemasyarakatan, hutan Desa, dan hutan adat telah di lakukan. Beberapa Perusahaan-perusahaan telah menerapkan gerakan hijau, namun celakanya adalah lebih banyak perusahaan-perusahaan yang tidak menerapkan ini dan cenderung merusak lingkungan serta memperluas rusaknya lingkungkungan.  

Ketiga hal ini menjadi dasar kuat banyaknya persoalan terkait permasalahan lingkungan yang sudah seharusnya menjadi tanggungjawab bersama untuk terus bersama-sama pula memberikan solusi dan mencari penyelesaian terkait hal ini. Terkait hari lingkungan hidup, (5/6) kemarin, Menteri Negara Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA. mengatakan “Berbekal berbagai inisiatf kebijakan dan program yang mendukung penerapan ekonomi Hijau, diharapkan Indonesia dapat tampil memimpin upaya global menuju pembangunan berkelanjutan dan yang lebih penting lagi adalah untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Indonesia. Akan ini bisa terlaksana sesuai harapan?, kita tunggu saja. Mudah-mudahan saja ada respon positif dari semua pihak untuk mendukung terciptanya Negeri ini dapat menerapkan ekonomi hijau yang diharapkan mampu menjadi contoh dalam rangka menciptakan kualitas lingkungan dan pembangunan secara berkelanjutan.

No comments:

Post a Comment