I made this widget at MyFlashFetish.com.

Monday, December 17, 2012

2020, Diprediksi Orangutan Liar di Ketapang Nihil

2020, Diprediksi Orangutan Liar di Ketapang Nihil

Thursday, 06 December 2012 16:40 Artha Senna

Hutan habitat orangutan liar yang terus menciut di wilayah Gunung Palung, Ketapang, Kalimantan Barat, diprediksi tahun 2020 tidak ada yang hidup di kawasan bebas dan hanya tinggal di kawasan-kawasan lindung saja.

“Kalau trennya seperti itu, hutan habitat yang terus menciut atau berkurang maka kita tidak bisa menemukan orangutan liar yang hidup di kawasan bebas hanya ada di kawasan konservasi atau yang dilindungi. Dan ini sangat berbahaya. Karena keberadaan orangutan menjadi indikasi baiknya sebuha wilayah hutan,” kata Tito P. Indrawan, Direktur Lapangan Yayasan Palung.

Menciutnya hutan habitat orangutan kebanyakan karena pembukaan perkebunan untuk sawit, pertambangan dan pemukiman. Yayasan Palung sudah mengevakuasi orangutan liar selama tahun 2012 sebanyak 17 individu dari tangan masyarakat dan dari sekitar perkebunan.
“Kalau di daratan Ketapang hamper semuanya menciut. Luasnya pada tahun 2008 untuk perkebunan sudah sampai 1 juta hektar dari jumlah total 3 juta dataran di Ketapang. Kalau tahun sekarang diprediksi  luasnya bertambah. Jadi memang ini harus menjadi perhatian bagi semua,” tambah Tito.

Sumber : 

http://www.greenradio.fm/news/latest/8211-2020-diprediksi-orangutan-liar-di-ketapang-nihil

No comments:

Post a Comment