I made this widget at MyFlashFetish.com.

Monday, December 3, 2012

Dua Individu Orangutan Terjebak Banjir


Foto : Nasib Orangutan Terjebak, foto doc. iskandarzdatu.blogspot.com

            Hari ini (3/12), sekitar pukul 11. 26 Wib, Yayasan Palung mendapat informasi Via telepon. Informasi tersebut mengabarkan dua individu orangutan terjebak banjir. Laporan diperoleh dari bapak berinisial MDD  masyarakat di Perawas, Simpang Dua dan bapak berinisial FI, humas PT.MKS.  

            Dua individu orangutan tersebut diketahui berjenis betina dan di perkirakan mereka (Orangutan-red), terjebak saat mencari makan.

             Menurut keterangan, berat badan induk orangutan tersebut diperkirakan sekitar 30- 40 kg, sedangkan bayinya diperkirakan 10 hingga 15 kg. Keberadaan orangutan tersebut lokasinya tidak jauh dari pemukiman penduduk dan Camp PT. MKS.

             Menurut FI, jarak Orangutan dengan Camp diperkirakan berjarak ± 20-30 meter. Kondisinya saat ini sangat lemah,  sangat kedinginan ujar MDD.

            Sejak tiga hari lalu, wilayah Simpang Dua dilanda banjir. Ketinggian banjir mencapai 2 meter, hingga saat ini belum surut. Besar kemungkinan dua individu orangutan betina tersebut terjebak saat mereka mencari makan tutur MDD. 

            Seperti diketahui, wilayah Perawas dan sekitarnya berdekatan dengan PT. MKS, perusahaan perkebunan sawit yang memiliki ijin lokasi di wilayah ini sekitar 20.000 Ha. Besar kemungkinan terperangkapnya orangutan tersebut akibat habitat dan pakan mereka sudah semakin sulit diperoleh, hal ini diperkuat dengan ditemukannya orangutan tersebut telah memasuki wilayah pemukiman warga.  

            Saat ini pihak perusahaan sudah menyelamatkan dan mengamankan sementara orangutan tersebut. Lebih lanjut menurut FI, orangutan tersebut cukup memprihantinkan keadaannya karena sangat kedingin dan lemas akibat tidak makan selama terjebak banjir.  (Pit-YP).
           

No comments:

Post a Comment