I made this widget at MyFlashFetish.com.

Monday, May 3, 2010

RELEASE PERINGATAN HARI BUMI 2010

Pada hari Minggu 25 April 2010, Yayasan Palung dan Relawan Konservasi Taruna Penjaga Alam (TAJAM) menyelenggarakan serangkaian kegiatan untuk memperingati hari bumi 2010 bertemakan “Selamatkan Hutan untuk Kehidupan yang Lebih Baik” dengan masing-masing kegiatan mempunyai sub tema tersendiri.

Rangkaian kegiatan peringatan hari bumi ini dimaksudkan untuk sebagai sarana masyarakat kota ketapang menyalurkan kepedulian terhadap penyelamatan bumi dengan melakukan aksi nyata menanam pohon untuk pengurangan perubahan iklim. Sedangkan tujuan kegiatan adalah :
1. Memberikan ruang berkumpul bagi generasi muda kota Ketapang.
2. Menumbuhkan sensitifitas dan kesadaran terhadap kondisi lingkungan di Kab. Ketapang.
3. Mengajak masyarakat untuk berperan serta nyata terhadap penyelamatan lingkungan.
4. Mengembangkan budaya belajar dan kreatifitas serta menyalurkan bakat pelajar Kota Ketapang.

Kegiatan dimulai dengan jalan santai, sejak jam 05.30 pagi peserta jalan santai sudah berkumpul di Lapangan Sepakat Ketapang, mereka merupakan warga kota Ketapang dan anak-anak sekolah berjumlah kurang lebih 900 orang. Jalan Santai dikemas dengan penanaman pohon untuk penghijauan kota di sepanjang rute Jalan Santai yaitu Jl. Sisingamangaraja dan Jl. Gajahmada Ketapang. Jalan Santai ditutup dengan pengundian door prize selesai sekitar jam 09.30 pagi. Siang hingga sore (13.00 – 17.00) hari dilakukan lomba-lomba dipusatkan di Gedung Bina Utama Jl. Gatot Subroto Ketapang. Perlombaan berlangsung meriah dan ramai, kegiatan yang dilombakan adalah lomba kreasi Barang Bekas diikuti oleh 30 grup, lomba menggambar diikuti oleh 39 anak usia SD dan SMP dengan tema “Lindungi Hutan dan Satwa” dan lomba Desain Poster diikuti oleh 17 anak usia SMA dengan tema “Hutan VS Manusia”. Ada juga lomba menulis dengan tema “Hutan Sumber Kehidupan” yang diperuntukkan bagi guru SMP dan SMA, tulisan yang masuk ke panitia berjumlah 8 tulisan. Untuk lomba menulis penjurian sudah dilakukan sejak 3 hari sebelum hari pengumuman lomba sedangkan 3 lomba lainnya penjurian dilakukan pada hari dilaksankan lomba.



Pada malam harinya ada malam seni lingkungan dan pengumuman pemenang lomba, acara ini diisi oleh para relawan TAJAM dengan laporan ketua panitia, hiburan band lagu-lagu bertema lingkungan dan semangat kebersamaan, tarian 3 etnis dan teatrikal “Dilarang Melarang Melestarikan Hutan”.

Pada pengumuman lomba, dibagikan hadiah bagi para pemenang lomba masing-masing berupa piagam penghargaan, uang tunai dan piala. Malam Seni ditutup dengan pembacaan do’a.
Pemenang lomba-lomba :
• Lomba Menulis adalah Juara 1 Agus Wilyan Nur, S.Pd dari SMK Al-Haudl Ketapang, Juara 2 Sunardi dari SPP Mandau Putra Ketapang, Juara 3 Mahrawi Thabrani BA dari SMA Muhammadiyah 1 Ketapang.
• Lomba Menggambar adalah Juara 1 Vaninda Aidina dari SDN 5 Ketapang, Juara 2 Desy Rose dari SMP St. Augustinus dan Juara 3 Mario John Bastin dari SMP St. Albertus.
• Lomba Desain Poster adalah Juara 1 Safilia Anindita dari SMAN 3 Ketapang, Juara 2 Deddy Darmianus dari SMP St. Augustinus, Juara 3 Bayu Santoso Widodo dari SMAN 3 Ketapang
• Lomba Kreasi Barang Bekas adalah Juara 1 Grup Rahmawati, Aripin dan Yusuf, Juara 2 Grup Agung Wahyu Aji dan Rifqi Pratama W, Juara 3 Grup Sela Heliza dan Titi Purwanti, Juara Harapan 1 Grup SMPN 3 Ketapang yaitu Runing Dwi Utami, Tommy Alfiansyah dan M. Irfan Hasdita, Juara Harapan 2 Lisa Rustini, Juara Harapan 3 grup SMKN 1 Ketapang yaitu Muhammad Yusuf, Syonli Hendri dan Awalludin

Kegiatan peringatan hari bumi ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan oleh relawan konservasi TAJAM yang seluruh anggotanya berjumlah 70 orang merupakan siswa SMP dan SMA yang ada di kota Ketapang dibimbing oleh para staf Yayasan Palung dan dibantu oleh Komunitas Padehasan Tikar Selembar, dipersiapkan kurang lebih selama 20 hari. Sumber pendanaan terbesar oleh Yayasan Palung, kemudian sebagian didapat dari sumbangan Toko-toko di kota Ketapang, sumbangan air minum dari HS 68, Instansi pemerintah dan FFI.

No comments:

Post a Comment