I made this widget at MyFlashFetish.com.

Tuesday, May 3, 2011

Pelantikan Anggota Sispala SMA 3 Ketapang, sebagai Pembentukan Mental dan Peduli Lingkungan dengan Mengadakan Penanaman Pohon



Pada tanggal 30 April sampai 01 Mei 2011 bertempat di Pasir Mayang, Kabupaten Kayong Utara, Yayasan Palung bersama dengan Relawan RebonK dan Tajam melaksanakan Pelantikan 21 orang peserta dari Sispala SMA 3 Ketapang. Pelantikan anggota Sispala SMA 3 Kabupaten Ketapang ini merupakan pelantikan yang ke – II, pelantikan dilaksanakan oleh pihak sekolah dan Para relawan RebonK dan Tajam, Yayasan palung dalam kegiatan ini sebagai fasilitator.

Kegiatan ini dimulai dari pukul 18.00 wib, dimulai dengan mendirikan tenda, persiapan para peserta untuk istirahat sejenak dan makan malam. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan mengadakan caraka malam. Pukul 19.00 wib melaksanakan caraka malam, para peserta menyusuri jalur pantai Pasir Mayang dengan menempuh waktu kurang lebih 2,5 jam perjalanan. Selama dalam perjalanan peserta diajak untuk menguji mental para peserta untuk diajak berani menempuh perjalan malam. Selain itu juga, peserta diajak untuk melaksanakan fun game. Fun game ini terdiri dari game bom waktu, memasukkan paku ke dalam botol dan game borgol. Game ini dengan harapan agar peserta dari Sispala muncul kreatifitas dan pola pikir kritis. Setelah rangkaian fun game selesai, peserta diajak untuk ikut dalam acara keakraban. Acara keakraban ini dengan maksud agar semua peserta dapat mengenal satu sama lain, baik kepada sesame peserta, panitia dan kepada guru mereka.

Keesokan harinya peserta diajak untuk bersama-sama melakukan penanaman pohon di sekitaran pantai Pasir Mayang, sebanyak sepuluh bibit pohon. Adapun bibit yang ditanam adalah Pohon Mahoni dan Akasia. Tinggi dari rata-rata bibit pohon Mahoni adalah 10 cm. Penanaman pohon salah satu tujuan untuk mencegah abrasi di sekitar pantai. Jumlah peserta dari kegiatan ini 62 orang yang terdiri dari 16 orang undangan, 21 orang peserta dan 25 panitia. Kegiatan ini merupakan kegiatan dari sekolah. Semua peserta merasa sangat bersemangat dan mengikuti kegiatan sampai selesai, dalam kegiatan ini sempat terguyur hujan dari malam hingga pagi hari. (Pit-YP).

No comments:

Post a Comment