I made this widget at MyFlashFetish.com.

Monday, June 27, 2011

Mengenal Makam Raja Tanjungpura Kabupaten Ketapang sebagai tempat Bersejarah Patut untuk Mendapat Perhatian



Letaknya tidak jauh dari kota Katapang, sekitar 5 km dari pusat kota. Kita dapat menjumpuai makam raja Tanjungpura dengan menggunakan kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat. Menarik untuk mengenal Makam Raja Tanjungpura, hal ini berkitan erat dengan berbagai peninggalan bersejarah yang terdapat di wilayah ini.
Makam Raja Tanjungpura merupakan salah satu peninggalan bersejarah di kabupaten Ketapang. Makam raja kerajaan Tanjungpura ini merupakan salah satu peninggalan Kerajaan pada Jaman itu yang masih ada hingga saat ini. Hal ini terlihat dari berbagai jenis makam raja yang terdapat di lokasi tersebut. Peninggalan bersejarah ini menjadi nilai tersendiri yang tidak di nilai dengan uang. Konon kerajaan Tanjungpura sangat memiliki hubungan erat dengan kerajaan yang ada di Jawa. Hal ini terlihat dari banyaknya seperti kerajaan Pai Hua Yuan (pacitan), Ma Tung (Medang), Tan Pel (Tumapel), Hi Ning (Dieng), Jung La Yu (Ujung Galuh). Kerajaan Tanjungpura juga terpengaruh oleh agama Hidu dan agama Budha. Sedangkan makam raja kerjaan Tanjungpura terdapat motif dan ukiran kuno pengaruh dari masa kerajaan Majapahit.
Berdasarkan penuturan bapak Al. Yan Sukanda, Pemerhati Budaya, Etnomusikologi dan seni menyatakan: Tidak ada yang membantah bahwa, Kerajaan Tanjungpura adalah sebuah kerajaan besar di masa lalu. Namun Gambaran Kerajaan ini masih amat kabur. Sedikit sekali peninggalan bersejarahnya yang telah berhasil ditemukan dan dipecahkan maknanya. Saying sekali, bukti-bukti fisik tentang keberadaannya telah dan akan segera punah karena laju pembangunan berupa perusakan hutan. Saya yakin, banyak situs-situs bersejarah yang belum di temukan tersembunyi di bawah kerimbunan pepohonan hutan di wilayah kabupaten Ketapang. Di tanah jawa sangat padat penduduknya masih sangat banyak ditemukan situs-situs bersejarah.
Sedangkan menurut Tito P. Indrawan dari Yayasan Palung menegaskan bahwa, Tanjungpura, Maya, Tanjung Pasar itu adalah tempat-tempat jalur sejarah di Tanah Kayong. Selain itu juga, tempat ini terdapat wilayah rawa gambut yang banyak terdapat potensi hasil ikan air tawar. Setahu kami disekitaran ini terdapat lahan gambut dalam yang patut untuk diperhatikan oleh semua pihak.
Banyak orang tahu tentang makam Tanjungpura, tetapi jarang atau bahkan enggan untuk menelusuri lebih jauh. Sekitar sebulan lalu saya sengaja mendokumentasikan gambar papar Bedu salah seorang photographer Ketapang. Dia mengungkapkan ada yang menarik dari gambar yang dia abadikan, sangat terlihat sekali corak dan bentuk dari bentuk motif dan ukiran peninggalan masa lampau.
Hal ini menunjukkan bahwa sejarah warisan budaya yang tidak ternilai harganya terdapat pada makam ini. Sangat sayang jika kita semua tidak menjagannya dengan baik karena sebagai sejarah dan kelak menjadi tempat Wisata bagi banyak orang. (Pit- YP).
Photografer : Bedu-YP

No comments:

Post a Comment