I made this widget at MyFlashFetish.com.

Friday, July 22, 2011

Sispala Care Mengadakan Ekspedisi



Tanggal 3-4 Juli 2011 pekan lalu, Sispala Care Mengadakan Ekspedisi dengan jarak tempuh 3,2 Kilometer dengan rute Pantai Pulau Datok menuju Tanjung Penage di Kabupaten Kayong Utara. Kegiatan ekspedisi ini dimulai pukul 09.00 – 13.00 wib, Kegiatan ini dimaksudkan agar para peserta mengerti medan tempuh dan dapat bersosialisasi dengan Masyarakat.
Ekspedisi ini merupakan kali pertama (Perdana) bagi Sispala Care, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian bagaimana para peserta untuk mengetahui medan yang mereka tempuh atau mereka lalui. Adapun medan yang mereka lalui adalah jalan setapak dan tanjakan berupa bebatuan. Menurut Danu Wahudi, salah satu peserta dari Sispala Care mengatakan sepanjang jalan yang mereka lalui, berbagai macam tumbuh-tumbuhan, perkebunan masyarakat seperti kebun durian. Selain itu mereka juga menjumpai satwa seperti burung Enggang, Kelasi dan Kelempiau. Rute yang mereka lalui merupakan hutan Primer dan hutan sekunder tepatnya di lereng bukit Peramas yang sedikit terjal dan berbatuan ungkap Danu Wahyudi. Kegiatan ekspedisi ini merupakan anggota Sispala Care angkatan ke III dan IV.
Ekspedisi kali ini lebih pada mensurvei setiap jalan yang tempuh, seperti misalnya menghitung menghitung jarak tempuh dengan cara menghitung menggunakan dengan langkah kaki. Dengan perhitungan 150 langkah jalan normal sama dengan 100 meter, hal ini di hitung dari langkah pertama sampai finisnya di Tanjung Penage tepatnya di Tebing. Selanjutnya mereka juga melakukan Panjat tebing alam dengan ketinggian ± 20 meter. Semua peserta yang melakukan pemanjatan berhasil menaiki puncak tebing.
Kegiatan ini juga dimaksudkan agar para peserta ekspedisi dapat mempraktekan secara langsung untuk menumpuh jarak dan melalui rintangan seperti tanjakan, perbukitan, jurang dan tebing, mereka juga melakukan pengamatan flora dan fauna secara langsung sebagai pendidikan lingkungan di alam bebas.
Ekspedisi ini diikuti oleh anggota Sispala angkatan III dan IV sebanyak 8 orang dan satu orang guru pembimbing, kegiatan ini juga didukung oleh Relawan TAJAM dan RebonK. Sedangkan Yayasan Palung adalah sebagai fasilitator kegiatan, yang hadir pada kegiatan ini Agus Lebam dan Ranti Naruri dari Program Pendidikan Lingkungan. Keseluruhan dari peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah 15 orang. (Pit-YP).

No comments:

Post a Comment