I made this widget at MyFlashFetish.com.

Thursday, January 19, 2012

Hutan dan Manfaatnya



Hutan merupakan unsur terpenting bagi semua makhluk hidup di bumi, karena hutan memiliki banyak manfaat bagi Kehidupan manusia, tumbuh-tumbuhan dan hewan. Hutan terdiri dari tumbuh-tumbuhan yang lebat, terdiri dari pohon, semak, paku-pakuan, jamur dan tumbuhan lainnya. selain itu, di hutan terdapat satwa seperti burung, kijang, rusa, kera dan orangutan (Terdapat di hutan Kalimantan dan Sumatra ) dan masih banyak jenis-jenis satwa lainnya.

Hutan memiliki banyak fungsi, kegunaan dan manfaat. Ada beberapa manfaat hutan, antara lain sebagai fungsi ekonomi, fungsi klimatologis, fungsi hidrologis dan fungsi ekologis. Fungsi ekonomis antara lain sebagai ; Hasil hutan dapat dijual langsung atau diolah menjadi berbagai barang yang bernilai tinggi, membuka lapangan pekerjaan bagi pembalak hutan legal, menyumbang devisa negara dari hasil penjualan produk hasil hutan ke luar negeri.

Manfaat atau fungsi Klimatologis antara lain untuk mengatur iklim, hutan sebagai paru-paru dunia yang menghasilkan oksigen bagi kehidupan. Hutan juga memiliki fungsi hidrolis sebagai menampung air hujan di dalam tanah, mencegah intrusi air laut yang asin dan menjadi pengatur tata air tanah.
Tidak hanya itu, hutan juga memiliki fungsi ekologis sebagai pencegah erosi banjir, menjaga dan mempertahankan kesuburan tanah dan yang terpenting dari fungsi ekologis dari hutan untuk melestarikan keanekaragaman hayati.

Hutan sebagai unsur terpenting bagi kehidupan, saat ini hutan sudah mengalami perubahan yang sangat memprihatinkan, hutan semkin parah kerusakannya. Hal ini dikarenakan adanya pembukaan lahan untuk perkebunan, pertaniaan dan pertambangan. selain itu juga, pembukaan kawasan untuk pemukiman penduduk dan pembangunan infrasuktur dan kebakaran hutan.
Hutan yang disebut sebagai penyangga Kehidupan semakin hari semakin parah kerusakannya. Sebagai harapan kita semua, tanggung jawab dan kepedulian secara bersama merupakan salah satu cara agar hutan tetap terjaga dan lestari. (Pit- YP).

Photografer : doc. Tim Laman.

1 comment: