I made this widget at MyFlashFetish.com.

Wednesday, August 25, 2010

Yang Perlu kita ketahui tentang Orang Utan adalah :

1. Ada tiga sub spesies orangutan Kalimantan, yaitu ‘Pongo pygmaeus wurmbii’ dan ‘Pongo pygmaeus morio’. Dua sub spesies yang pertama ditemukan di Kalimantan Barat dan Sarawak, Malaysia; sedangkan satu sub spesies lainnya ditemukan di Kalimantan Timur dan Sabah. Saat ini total orangutan Borneo diperkirakan tinggal sekitar 50.000 individu, sedangkan sub spesies Pongo pygmaeus pygmaeust tinggal 4.800 saja.
2. Orangutan Sumatera (Pongo abelii) cenderung lebih kurus, memiliki rambut dengan warna merah yang lebih pucat dan panjang, serta bentuk yang lebih panjang dibandingkan dengan saudaranya di Borneo (Pongo pygmaeus) memiliki rambut yang kasar dan panjang, berwarna jingga coklat, atau merah marun. Dibandingkan dengan orangutan Sumatera, orangutan borneo memiliki pipi yang lebih besar dan ditutupi oleh rambut yang kasa dan pendek.
3. Orangutan berkembang biak lebih lambat dibanding seluruh binatang menyusui lainnya, dikarenakan siklus reproduksi orangutan betina terjadi setiap 8 tahun sekali dan orangutan betina baru mengalami masa subur pertama setelah berusia 12 tahun.
4.Anak orang utan memerlukan waktu 6-7 tahun hidup bersama ibunya, belajar geografis hutan dan strategis bertahan hidup, sebelum berpisah untuk mengurangi kehidupan sendiri.
5.Selain flen orangutan jantan juga memiliki kantong tenggorokan besar yang dapat membuat suara panggilan keras untuk menarik perhatian lawan jenis dan pada saat yang sama memberi tanda kepada orangutan jantan lainnnya untuk menjaga jarak suara panggilan panjang ini dapat didengarkan kira-kira sampai 1,2 mil (2km)jauhnya.
6.Orangutan jantan hidup menyendiri dan mayoritas memiliki flen (bantalan pipi) setelah berusia 15 tahun, hal ini disebut sebagai karakteristik seksual sekunder (ciri-ciri fisik yang membedakan jantan dan betina yang tidak terkait langsung dengan reproduksi dan biasanya muncul pada kematangan seksual).
7.Orangutan memiliki 96, 4% kesamaan genetik dengan manusia (orangutan memiliki 32 gigi tetap, tidak berekor dan dapat mengeluarkan 13-15 bunyi vokalisasi yang berbeda).
8.Tinggi orangutan jantan rata-rata sekitar 1,50 m dan beratnya mencapai 120 kg. sedangkan bagi betina sekitar 1m dan beratnya 45 kg. Orangutan dapat hidup hingga 35-50 tahun di alam bebas.
9.Seperti halnya kera, berukuran besar lainnya , orangutan sangat cerdas. Orangutan dapat menggunakan perabgkat makan secara benar dan teratur. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orangutan liar yang hidup di alam mampu belajar dengan cara memperhatikan apa yang dilakukan oleh orangutan lainnya.
10.Sebagian besar jenis makanan orangutan terdiri atas buah-buahan dan dedaunan yang di kumpulkan dari pepohonan hutan. Mereka juga makankulit kayu, pada kesempatan langka , daging, walaupun jarang terjadi.


Sumber : Yayasan Palung
Bersambung……………

No comments:

Post a Comment