I made this widget at MyFlashFetish.com.

Monday, November 1, 2010

Gunakan Tas Kain Untuk Belanja, Stop Kantong Plastik…!!!




Kebiasan kita kalau belanja pasti jarang atau bahkan tidak pernah menggunakan wadah(tempat sendiri) dan cenderung menggunakan kantong plastik yang langsung di peroleh di tempat dimana kita berbelanja. Kebiasaan kita menggunakan kantong plastik merupakan salah satu pemborosan terhadap plastik itu sendiri, karena selalu menggunakan yang baru. Kantong plasik juga terkadang setelah kita berbelanja tidak kita gunakan lagi, bahkan terkadang dibuang sembarangan yang pastinya dapat menjadi sampah. Selain itu juga, kantong plastik merupakan salah satu penyebab sumber penyakit apabila belanjaan kita mengandung minyak, misalnya jajanan atau kue-kue an yang mudah menempel langsung diplastik. Bahan dari kantong plastik ternyata belum tentu terjamin kebersihannya, ternyata bahan-bahan dari kantong plastik terdapat senyawa kimia yang dapat menyerap dan larut. Menurut Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), kantong plastik berwarna sangat berbahaya bagi kesehatan bila digunakan untuk mewadahi makanan siap saji. Plastik tersebut merupakan produk daur ulang yang riwayat penggunaan sebelumnya tidak diketahui secara pasti. Bisa saja bekas wadah pestisida, limbah rumah sakit, kotoran hewan atau manusia, limbah logam berat, dsb.
Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Husniah Rubiana Thamrin Akib mengatakan, “Dari seluruh jenis kemasan makanan plastik, PE dan PP paling banyak digunakan dan paling aman,” kata Rubiana di Jakarta. Badan POM paparnya, sudah melakukan pemantauan langsung dalam proses daur ulang kantong plastik berwarna yang tidak dilakukan proses sterilisasi. "Sampah plastik dikumpulkan di bantar gebang lalu dicincang-cincang terus dicuci dengan sedikit sabun agar tidak berbau. Kemudian ditambah zat-zat kimia. Prosesnya sangat tidak bersih," tegasnya, (Sumber http://kompas.com dan http://inilah.com.).
Ketergantungan kita pada plastik, membuat masyarakat kita mencibir bila diberitahu bahaya plastik. kita pun sulit menghindar dari plastik karena penjual makanan siap saji tidak menyediakan wadah selain plastik, dengan alasan tidak praktis. Untuk itu sebagai langkah pertama yang harus dilakukan adalah: gunakanlah wadah yang aman, seperti tas kain khusus untuk berbelanja anda, dengan demikian kita tidak khawatir atau paling tidak mengurangi ancaman berbagai penyakit. Ayo Gunakan Tas Kain Untuk Belanja, Stop Kantong Plastik…!!!, kesehatan sangat mahal harganya, selamat mencoba. Salam Lestari…. (Pit- YP).

No comments:

Post a Comment