I made this widget at MyFlashFetish.com.

Thursday, October 21, 2010

Yayasan Palung (Gunung Palung Orangutan Conservation Program / GPOCP) Menyelenggarakan Seminar dan Workshop Guru 2010 di Ketapang

Yayasan Palung akan mengadakan Seminar dan Workshop bagi guru-guru yang berada di Kabupaten Ketapang, rencana pelaksanaan kegiatan ini akan diselenggarakan pada 2 – 4 Nopember 2010 mendatang. Sekolah merupakan suatu keharusan bagi generasi bangsa. Sekolah menjadi gerbang ilmu pengetahuan, tempat para orang tua menitipkan anaknya untuk dididik menjadi manusia yang berpengetahuan, berwawasan dan berbudi pekerti baik, sedangkan guru adalah bagian integral yang berperan sentral dari seluruh proses pendidikan di sekolah.
Seminar dan workshop ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan masukan terhadap guru tentang pengintegrasian PLH dalam mata pelajaran sebagai bagian dari pendidikan karakter anak didik yang menghargai lingkungan hidup, akan semakin penting mengingat Kabupaten Ketapang merupakan wilayah yang kaya sumber daya alam, agar kekayaan ini dikelola untuk kemakmuran dan berkeadilan, sehingga salah urus dan meninggalkan jejak kerusakan lingkungan tidak di rasakan seluruh rakyat Ketapang.
Tujuan dari Kegiatan ini adalah sebagai upaya untuk; 1. Meningkatkan pemahaman guru tentang lingkungan hidup dan konservasi alam. 2. Meningkatnya pemahaman guru tentang pentingnya pendidikan lingkungan hidup di sekolah. 3. Guru mendapatkan pengetahuan baru tentang pengelolaan sekolah yang berbasis lingkungan hidup. Waktu Kegiatan ; Hari / tanggal : Selasa – Kamis, 2 – 4 Nopember 2010, Pukul : 08.00 – 16.00 Wib,Tempat : Aula Dinas Pertanian dan Peternakan, Jl. Jend. Sudirman No. 9 Ketapang dan Hutan Kota Ketapang. Peserta kegiatan ini adalah para guru dari SLTA dan SLTP sebanyak 48 orang.
Fasilitator Kegiatan ; Koen Setyawan (Jaringan Pendidikan Lingkungan Indonesia, Yogyakarta) dan Moderator Seminar Tito Indriawan, Yayasan Palung. Panitia Kegiatan; Steering Committee: Al. Yan Sukanda (SMP St. Agustinus), Agustinus Bunadi (SMA PL St. Yohanes), Jamilah (SMP Negeri 3 Ketapang), Fadli Ahmad (SMA Negeri 2 Ketapang), Andrew de Sousa (Yayasan palung), Organizing Committee: Mariamah Achmad, Ranti N., Agus Lujito, Petrus Kanisius danTri Nugroho.
Materi dan Pemateri Kegiatan Seminar :
1. Integrasi PLH dalam mata pelajaran: Ir. Agustinus Bunadi (SMA PL St. Yohanes)
2. Konservasi alam manfaatnya bagi kehidupan dan Sharing Pengalaman Program Konservasi Masyarakat Yayasan Asri : Etty Rahmawati (Yayasan ASRI)
3. Persepsi tentang lingkungan hidup dan konservasi dan Sharing Pengalaman PLH yang dilakukan Yayasan Palung : Mariamah Achmad (Yayasan Palung)
4. Kebijakan Tata Kelola Lingkungan Kota Ketapang : Dinas Kebersihan dan Pertamanan Ketapang
5. Sharing Implementasi PLH di Indonesia termasuk isu ESD dan EFA (Education for Sustainable Development / Education for ALL) : Koen Setyawan (Jaringan Pendidikan Lingkungan Hidup Indonesia)
Adapun metodologi kegiatan workshop ini menggunakan metodologi Pendidikan Orang Dewasa meliputi: Ceramah, Diskusi kelompok terfokus, Praktek lapangan dan Game Pendikan Lingkungan Hidup.

No comments:

Post a Comment