I made this widget at MyFlashFetish.com.

Friday, January 28, 2011

Siswa-Siswi Magang YP melakukan Pertunjukkan Panggung Boneka, Bercerita Tentang Orangutan dan Habitatnya



Tanggal 27 Januari 2011, bertempat di SD Negeri 16 Sampit, Ketapang. Dari Yayasan Palung yang ikut mendampingi Ranti Naruri dan Mulyono Yusup bersama dengan 5 orang siswa-siwi magang dari SMK 1 Ketapang yang terdiri dari Christo, Herli, Pian, Pandi dan Sugi mengetengakan panggung boneka bercerita tentang hutan dan orangutan. Pertunjukkan panggung boneka dengan tema “Orangutan dan Habitatnya”. Kegiatan puppet show ini dimulai dari pukul 07.30 wib- 09.00 wib. Dalam acara pertunjukkan panggung Boneka ini, siswa-siwi Magang menjadi penyampai materi kepada murid-murid SD. Peserta yang hadir dalam acara ini adalah oleh sekitar 55 orang murid, dari Yayasan Palung dan Siswa-siswi Magang.
Cristo salah satu siwa magang di Yayasan Palung mengatakan, melakukan Pertunjukkan Panggung Boneka merupakan pengalaman pertama kalinya, baru melakukkan pertunjukkan boneka dialami tidak langsung sempurna dan baru belajar, tetapi pada dasarnya kami mencoba untuk menyampaikan informasi. Salah satu contoh materi yang kami sampaikan kepada murid SD adalah bagaimana reproduksi Orangutan, tempat tinggal Orangutan, apa makanan orangutan, dan cirri-ciri Orangutan dan penyampaian Undang-undang no : 5 tahun 1990 pasal 21 ayat 2 yang isinya tentang larang untuk menangkap, membunuh, memiliki, memilihara, mengangkut dan memperniagakan satwa yang dilindungi termasuk Ponggo (orangutan). Kami juga merasa senang, dengan adanya penyampaian seperti ini kami diajak untuk belajar untuk tampil dan menyampaikan materi di depan umum khususnya anak-anak SD.
Sedangkan menurut Herly Saputra, pertunjukan panggung boneka sesuatu yang mengasyikkan dan seru, karena peserta sangat senang dengan pertunjukkan panggung boneka dari kami. Mereka terlihat tertawa lucu dan memperhatikan dengan apa yang kami sampaikan. Kegiatan Puppet Show Yayasan Palung ke sekolah-sekolah adalah merupakan upaya pengenalan kepada Murid-murid di sekolah tentang arti pentingnya menyelamatkan lingkungan dan orangutan di wilayah Kayong, selain itu untuk menumbuhkan kesadaran kepada mereka untuk mengenal dan mencintai satwa dan lingkungan sejak dini. Para siswa SMK 1 Ketapang yang magang di Yayasan Palung di berikan materi tentang paket wisata, bagaimana menjadi seorang pemandu untuk wisata dan pemahaman-pemahaman tentang lingkungan bagaimana cara bersosialisasi dengan masyarakat. Selain materi mereka juga diajak untuk bermain bersama dalam bentuk game Pijit semut, game ini dimaksudkan agar siswa-siswi tidak merasa bosan di dalam ruangan kelas. Setelah kegiatan ini selesai Yayasan Palung membagikan Poster dan Stiker kepada Siswa-siswi. Dengan diadakan Puppet Show ini diharapkan menumbuh kembangkan pengetahuan murid-murid tentang satwa dan lingkungan, semoga, salam lestari….. (Pit- YP).

No comments:

Post a Comment