I made this widget at MyFlashFetish.com.

Friday, August 5, 2011

Sejarah Oksigen Ditemukan dan Kegunaannya



Tanggal 1 Agustus 1774, Joseph Priestley, guru, penulis dan filsuf alam dari Inggris menemukan gas yang kemudian dikenal sebagai oksegen. Hal tersebut terjadi ketika ia melakukan sebuah percobaan saat menjadi tutor anak-anak Earl of Shelburne, pemilik Bowood House di Wiltshire, Inggris.
Dalam salah satu percobaannya, Priestley menggunakan kaca pembesar untuk memfocukan sinar matahari pada senyawa merkuri (II) oksida. Dia menemukan bahwa pemanasan terhadap senyawa menghasilkan gas yang dapat membuat lilin bercahaya lebih terang dan seekor tikus dapat hidup empat kali lebih lama dibandingkan pada udara normal.
Oksigen dapat ditemui di udara, tanah dan air, semua makhluk hidup memiliki ketergantungan dengan oksigen untuk tetap bertahan hidup. Oksigen tidak memiliki rasa, warna dan bau. Bentuk lain dari oksigen adalah Ozon, ozon (lapisan ozon) diatmosfer bumi sangat penting untuk melindungi bumi dari bahaya sinar matahari. Oksigen memiliki banyak kegunaan bagi dunia Industri, sebab oksigen dipakai untuk membakar baja dan membakar bahan bakar. Selain itu juga oksigen digunakan sebagai bahan untuk peledak.
Meskipun Priestley tidak dapat menjelaskan secara akurat hasil penelitian tersebut berdasarkan pengetahuan ilmiah kala itu, hasil karyanyaberupa penemuan gas yang kemudian dikenal sebagai oksigen membuka jalan bagi Antoine Lavoisier untuk merumuskan teori yang menjadi dasar bagi ilmu kimia modern. (Pit – YP, Sumber dari : kompas, buku dunia,inc. tahun 2005, foto: Google.co.id).

No comments:

Post a Comment