I made this widget at MyFlashFetish.com.

Monday, August 1, 2011

Pengenalan Dasar-dasar Radio dan Praktek Siaran bagi Penyiar Pemula




Untuk Kali Pertama kegiatan ini diselenggakan di kabupaten Ketapang, kegiatan ini dilaksanakan pada minggu, 31 Juli 2011 bertempat di Ruang Pertemuan Radio Gema Solidaritas. Kegiatan ini mengusung tema; Pelatihan dasar Penyiaran untuk Program Informatif. Peserta kegiatan ini terdiri dari para siswa - siwi dari berbagai sekolah, perwakilan dari instansi atau lembaga dan dari penyiar pemula di lima stasiun radio di dua Kabupaten (Ketapang dan Kayong Utara). Adapun tujuan dari kegiatan ini, agar para peserta mengetahui dasar-dasar radio dan minat pelajar dan penyiar pemula tertarik untuk menjadi penyiar yang informatif.
Pelatihan radio yang diselenggarakan ini dengan harapan menjadi pemantik semangat bagi peserta untuk menggeluti, memahami, mendalami dasar-dasar radio dan adanya ilmu baru menjadi penyiar radio yang mampu memberikan informasi yang menarik bagi pendengarnya. Maka dari itu tujuan pelatihan ini adalah: Adanya pemahaman dasar bagi peserta pelatihan tentang dunia penyiaran khususnya radio, munculnya generasi muda yang memiliki keinginan menjadi penyiar, terciptanya para peserta pelatihan untuk mengembangkan potensi diri dan terciptanya penyiar yang mampu memberikan informasi lingkungan dengan baik melalui media radio khususnya di Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara.
Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung selama satu hari, dimulai pukul 08.00 wib – 16.30 wib. Rangkaian kegiatan ini sebagai bentuk kerjasama Yayasan Palung dan Radio Gema Solidaritas, 107,7 FM untuk mencari dan melihat potensi para siswa-siswi di SMU/SMK/SMEA, sekolah-sekolah Sederajat serta peserta umum (penyiar pemula), untuk tertarik menyalurkan bakat dan menjadi lebih kaya akan informasi tentang lingkungan. Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Ketua Perkumpulan radio Gema Solidaritas, bapak Redemptus Musa Narang dan Tito P. Indrawan dari Yayasan Palung.
Adapun materi-materi dalam pelatihan ini antara lain ; Dasar-dasar Radio; tampil sebagai pemateri Thomas Rico (Jojo), pengenalan alat-alat di Studio oleh Andika Combet dan tim dari Gema Solidaritas, Praktek Siaran (ON AIR dan OFF AIR), Jurnalistik Radio dan Penulisan Scrip berita di Radio oleh team dari Yayasan Palung (Desi, Pit,Tito, Bedu, Heri), Shering dari penyiar lama, penyiar pemula dan peserta pelatihan dengan tujuan berbagi pengalaman.
Selain itu juga, diadakan diskusi tentang kepedulian terhadap lingkungan. Para peserta memilih tema sampah untuk dijadikan bahan diskusi, karena menurut mereka masalah sampah selalu menjadi permasalahan yang tidak kunjung usai, dalam diskusi mereka membahas tentang dampak-dampak sampah dan manfaat sampah. Hasil diskusi mereka ini menjadi bahan yang akan disajikan kedalam bentuk skrip radio dan akan mereka bawakan pada saat praktek siaran di penghujung kegiatan.
Peserta yang hadir dalam pelatihan ini diikuti sekitar 20 peserta; terdiri dari peserta dari sekolah-sekolah, para volunter (Relawan Tajam dan Relawan RebonK) Yayasan Palung, utusan dari LSM Katulistiwa Kota Kita ( K3), utusan dari BKSDA Ketapang, utusan dari BTNGP Penyiar Pemula dari radio Gema Solidaritas, radio Vinka, radio Renita, (Ketapang) dan radio Mitra Palung (Kayong Utara).
Kegiatan ini berlangsung sesuai dengan rencana, dengan diadakan kegiatan pelatihan radio ini diharapkan ada tindak lanjut dari Peserta untuk terus menyampaikan informasi dan terpanggil untuk peduli terhadap masalah-masalah sosial dan lingkungan khususnya di Kab. Ketapang dan Kab. Kayong Utara dan secara umum di Kalimantan Barat. Harapan dari Peserta agar kegiatan ini terus terselenggara, dengan kata lain peserta menyambut baik kegiatan Pelatihan radio ini.(Pit- YP).

No comments:

Post a Comment