I made this widget at MyFlashFetish.com.

Thursday, September 15, 2011

Apakah yang Kita Ketahui Tentang Orangutan



1. Anak Orangutan memerlukan waktu 6-7 hidup bersama dengan ibunya. Anak orangutan belajar tentang wilayah (geografis) hutan dan strategi bertahan hidup, sebelum berpisah untuk mengarungi hidup sendiri.
2. Orangutan jantan hidup menyendiri dan mayoritas memiliki flens (bantalan pipi) setelah berusia 15 tahun, hal ini disebut sebagai karakteristik seksual sekunder(ciri-ciri fisik yang membedakan jantan dan betina yang tidak terkait langsung dengtan reproduksi dan muncul pada kematangan seksual).

3. Selain flan Orangutan jantan juga memiliki kantong tenggorokan besar yang dapat membuat suara panggilan keras yang berfungsi untuk menarik perhatian lawan jenis dan pada saat yang sama memberi tanda kepada Orangutan Jantan lainny untuk menjaga jarak suara Panggilan panjang ini didengar kira-kira 1,2 mil (2 km) jauhnya.
4. Orangutan memiliki 96,4 % kesamaan genetik dengan manusia (orangtutan memiliki 32 gigi tetap, tidak berekor.
5. Orangutan memiliki 29 bunyi vokalisasi yang berbeda.
http://www.aim.uzh.ch/orangutannetwork/orangutancallrepertoires.html
6. Tinggi Orangutan jantan rata-rata sekitar 1,50 meter dan beratnya mencapai 120 kg. sedangkan bagi orangutan betina sekitar 1 meter dan beratnya 45 kg. orangutan dapat hidup 35- 50 tahun di alam bebas.
7. Seperti halnya kera, berukuran besarlainnya, orangutan sangat cerdas. Orangutan dapat menggunakan perangkat makan secara benar dan teratur. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orangutan liar yang hidup di alam mampu belajar dengan memperhatikan apa yang dilakukan oleh orangutan lainnya.
Sumber : dari berbagai Sumber,Foto : Wahyu, Yayasan Palung. Bersambung...(Pit- YP).

No comments:

Post a Comment