I made this widget at MyFlashFetish.com.

Wednesday, September 28, 2011

Yayasan Palung Memberikan Materi Dasar Sispla Untuk Repatones






Kamis, 23 September 2011, pukul 15.30 – 17.00 wib, bertempat di SMA PL. St. Yohanes, Yayasan Palung memberikan materi kepada Sispala Repatones, St. Yohanes Ketapang. Kegiatan ini adalah sebagai salah satu bentuk kepedulian dan dampingan Yayasan Palung terhadap sispala yang ada di Ketapang. Pada pertemuan kemarin, Agus Lebam, Ranti Naruri, Petrus Kanisius dari Yayasan Palung, dan Ari dari Relawan Tajam berkesempatan untuk hadir memberi materi.
Dalam kesempatan kali ini Agus Lebam, memberikan pengenalan materi tentang tali- temali (mengenal simpul jangkar, simpul hidup,simpul mati, simpul pangkal, simpul anyam, simpul pita, simpul kambing, simpul 8 dan simpul lepas), Bivak atau buat tenda, materi tentang T.H.A.B atau survival (cara bertahan hidup di alam bebas), P2GD dan P3K (kesehatan, pertolongan pertama), navigasi (penunjuk arah) dalam hal ini penggunaan kompas dalam menentukan arah. Selain itu, Agus menjelaskan tentang peta atau topografi/letak wilayah berdasarkan letak dimana posisi pada saat itu.
Tidak hanya itu, Agus Lebam menjelaskan tentang materi managemen perjalanan di saat kita berada di alam bebas. misalnya bagaimana kita memaksimalkan, memperkirakan waktu, lokasi, barang-barang dan logistik. Mountenering atau materi pendakian juga di jelaskan sebagai pengenalan kepada anggota baru. Dalam materi ini, secara jelas memberikan gambaran tentang suatu kemiringan dalam sebuah pendakian. Disebutkan bahwa 45° bisa disebut sebagai pendakian. Dalam materi Bivak (membuat tenda), bagaimana menentukan arah angin, bagaimana cara untuk menghindari dari binatang buas dan yang terpenting adalah dekat dengan sumber air.

Adapun peserta Repatones yang hadir adalah sekitar 51 peserta Repatones, dari 80 anggota keseluruhan dan satu orang anggota guru Pendamping, yanki Bapak Ir. Agustinus Bunadi. Pada kesempatan ini juga Agus Lebam memberikan pesan kepada anggota sispala baru untuk selalu peduli dengan lingkungan dan menghargai lingkungan. Pemberian materi ini merupakan salah satu bagian bagi para anggota sispala untuk selalu mengingatkan pelajaran-pelajaran berkaitan dengan pramuka. Diakhir kegiatan kegiatan Agus selaku pemateri, memberikan PR untuk minggu depan seluruh anggota sispala agar membawa tali-temali dan tali nilon biasa karena akan melaksanakan materi praktek tentang simpul-simpul, kegiatan ini berjalan sesuai dengan rencana. (Pit- YP).

No comments:

Post a Comment