I made this widget at MyFlashFetish.com.

Friday, September 30, 2011

Praktek Simpul untuk Sispala Repatones, St. Yohanes Ketapang



Praktek tali temali berupa simpul-simpul merupakan salah satu metode pendidik sebaya (memberikan atau pemberian materi pendidik yang dilaksanakan oleh sesama sispala). Pada kesempatan kamis, 29 september 2011 bertempat di SMA PL. St. Yohanes Ketapang, Yayasan Palung memberikan materi tentang praktek Tali temali. Dalam kesempatan ini Yayasan Palung memberikan kepercayaan pada teman-teman Sispala dari sesama Sispala yakni dari Sispala Care, SMA 2 Ketapang 9 orang dan Taruna Penjaga Alam (TAJAM) 2 orang. Kegiatan ini dimulai dari pukul 15.30 - 17.00 wib. Paktek simpul mengenal simpul jangkar, simpul hidup,simpul mati, simpul pangkal, simpul anyam, simpul pita, simpul kambing, simpul 8 dan simpul lepas.

Menurut Agus Lebam dari Yayasan Palung, pemberiaan materi ini bertujuan untuk Bivak atau buat tenda, materi tentang T.H.A.B atau survival (cara bertahan hidup di alam bebas), P2GD (Pertolongan pertama Gawat Darurat), dan Mountenering atau materi pendakian. Pada praktek simpul kali ini menggunakan tali webbing (tali pipih) dan tali biasa (tali – temali atau tali pramuka /tali komando).
Selain itu, kegunaan sispala dalam mempelajari tali simpul ini adalah sebagai pengetahuan dasar bagi para sispala, selain itu juga sebagai dasar untuk penyelamatan/ rescue, dan dasar pada saat berada dialam bebas, dan panjat tebing. Kegiatan ini sebagai acuan dasar bagi sispala yang harus mereka miliki khususnya dalam materi dan praktek.
Dalam pelaksanaan praktek simpul tali dalam kegiatan ini, mendapat respon dari peserta. Mereka sangat antusias mengikuti dan praktek belajar simpul. Praktek simpul tali kali memakan waktu sekitar 30 menit, sebelum melaksanakan praktek terlebih dahulu di berikan materi dasar simpul. Setelah belajar, satu persatu mereka mencoba untuk melaksanakan/ mempraktekan dan ternyata mereka menguasai dan berhasil untuk membuat simpul-simpul seperti yang diajarkan oleh teman sesama sisipala mereka dari Sispala Care, SMA 2 Ketapang dan dari Relawan TAJAM, Yayasan Palung
Kegiatan ini berakakhir sekitar jam 17.00 wib, yang hadir pada kegiatan ini adalah Agus Lebam dan Mulyono Yusup dari Pendidikan Lingkungan dari Yayasan Palung sebagai pemateri dasar. (Pit- YP).

No comments:

Post a Comment

Post a Comment