I made this widget at MyFlashFetish.com.

Wednesday, September 12, 2012

Bahan Bacaan : Fenomena Sawit ; Musnahkan Hutan Tropis, Ekspansi Modal Asing Melimpah







Kendati kerusakan alam dan penggundulan hutan mencapai taraf mengkhawatirkan dengan segala dampaknya bagi Indonesia, namun pemerintah nampaknya belum berencana untuk menekan pertumbuhan lahan kelapa sawit di Indonesia. Bahkan, di tahun 2012 ini, permintaan komoditi sawit Indonesia justru mengalami peningkatan seiring dengan aktivitas perdagangan internasional yang makin marak atas komoditi ini. Setiap tahun, Indonesia menghasilkan tak kurang dari 27 juta metrik ton kelapa sawit, 5.8 juta metrik ton diekspor ke India dari total 7.7 juta metrik ton total impor India. Sisanya ke Cina dengan 5.9 juta metrik ton dan ke Uni Eropa.

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) merencanakan menambah jumlah ekspor kelapa sawit Indonesia ke seluruh dunia hingga 18 juta ton, naik 2,2% dari tahun 2011 sebesar 17.6 juta ton. Dengan kondisi ini, Indonesia merupakan eksportir komoditi sawit terbesar ke seluruh dunia. Jauh di atas Malaysia yang berada di posisi kedua dengan angka sekitar 7 hingga 8 juta metrik ton.

Angka tersebut, nampaknya akan tercapai, atau bahkan melewati target setelah di awal September 2012 ini beberapa negara berniat membeli kelapa sawit tambahan dari Indonesia lebih banyak. Salah satunya adalah Cina, yang berniat membeli kelapa sawit Indonesia untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dan industri mereka. Seperti

dilaporkan oleh www.brecorder.com, hingga akhir Juli 2012, jumlah ekspor kelapa sawit Indonesia ke Cina adalah 1.25 juta metrik ton, dari data yang didapat oleh Reuters. Hal ini cukup unik, mengingat pertumbuhan ekonomi Cina yang mencapai titik terlemah dalam 3 tahun terakhir, namun pembelian mereka justru meningkat…..

Baca selengkapnya di : http://www.mongabay.co.id/2012/09/11/fenomena-sawit-musnahkan-hutan-tropis-ekspansi-modal-asing-melimpah

Berita terkait : http://www.mongabay.co.id/2012/09/11/interpol-dan-pbb-incar-mafia-besar-perdagangan-kayu-ilegal-dunia,

http://www.mongabay.co.id/2012/09/05/koalisi-masyarakat-desak-pp-pelepasan-kawasan-hutan-dicabut,

http://www.mongabay.co.id/2012/09/03/dari-sabang-sampai-merauke-kelapa-sawit-cemari-air-tanahku

Foto ; Buah sawit bak pedang bermata dua. Foto: Aji Wihardandi





No comments:

Post a Comment