I made this widget at MyFlashFetish.com.

Wednesday, April 25, 2012

Hari bumi 22 April 2012, Sampaikan Pesan Untuk Bumi

Minggu 22/12 kemarin, merupakan puncak peringatan hari bumi yang selalu diperingati setiap tahunnya secara international. Dalam rangka menyambut hari bumi 22 April 2012, Yayasan Palung dan Relawan TAJAM/ Taruna Penjaga Alam (Relawan Yayasan Palung di Ketapang) ikut berpartisipasi untuk meramaikan kegiatan, tanggal sabtu 21 April 2012, dalam acara yang di gelar oleh Dinas Disbudparpora bertajuk menyelamatkan tradisi dan budaya lokal, melalui kegiatan lomba olahraga menyumpit. kegiatan bertempat di halaman kantor bupati Ketapang.
Kegiatan menyambut hari bumi ini dilaksanakan oleh Yayasan Palung dengan berbagai kegiatan seperti memasang sebuah spanduk dari selembar kain putih yang di bentangkan untuk pesan-pesan moral kepada bumi bagi pengunjung yang hadir . Adapun Tema Yayasan Palung untuk Pesan Hari Bumi 22 April 2012 adalah "Apa yang dilakukan untuk Bumi ?". Rangkaian kegiatan tersebut, tampak antusias dari pengunjung untuk memberikan pesan untuk bumi. Pengunjung memberikan berbagai pesan-pesan bagi penyelamatan lingkungan. Adapun pesan-pesan dalam rangka hari bumi antara lain seperti selamatkan bumi untuk senerasi selanjutnya, selamatkan hutan dan orangutan, mari menanam pohon untuk kehidupan dan masa depan. Pesan ini di sampaikan oleh pengunjung mulai dari Pelajar, masyarakat umum dan sejumlah birokrat yang ada di Ketapang seperti kepala dinas Disbudparpora, kepala dinas kesehatan, kepala dinas kehutanan, kepala dinas Disperindagkop dan UKM, kepala dinas perkebunan dan dinas perikanan dan kelautan.
Tidak hanya kepala Dinas saja, bupati dan wakil bupati juga ikut memberikan pesan untuk bumi, seperti misalnya bupati Ketapang Hendrikus memberikan pesan untuk bumi dengan pesan ; “Selamatkan hutan dan lingkungan hidup untuk kelangsungan hidup dan ketahanan nasional”. Sedangkan pesan dari wakil bupati, Boyman Harun menyampaikan pesan; Lestarikan alam, karena alam warisan yang abadi. Dalam pesan untuk bumi, kepala dinas Disbudparpora, Yudo Sudarto menuliskan pesan ; “Sumpit olahraga ramah lingkungan warisan budaya kita”.
Peserta yang menulisan pesan untuk hari bumi mendapat kupon dan selanjutnya dikumpulkan dan akan memperoleh Doorprize menarik yang disiapkan oleh Yayasan Palung. peserta yang memperoleh doorprize tersebut antara lain ; Yopri dari masyarakat umum, Ahmad kelas 6, Aji kelas 4, Indah B.P. kelas 6 dari SD 02 Ketapang dan Sisilia dari SMP St. Augustinus Ketapang. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan berakhir pada pukul 12.00 wib, jelas Monalisa Pasaribu sebagai Panitia kegiatan Hari Bumi di Katapang.
Selain itu juga, ada rangkaian kegiatan lainnya seperti Talkshow di radio yang mengangkat topik Selamatkan bumi, pentingnya pendidikan lingkungan bagi sekolah yang berbasis Adiwiayata dan peran serta guru dalam menumbuhkan kesadaran siswa untuk peduli dengan bumi dan lingkungan. Hadir sebagai narasumber adalah bapak Ir. Agustinus Bunadi, guru dari SMA PL. St. Yohanes dan Devi siswa dari Sispala Garsisma ,SMA MAN Ketapang. Dalam talkshow tersebut di selenggarakan di radio Gema Solidaritas, 107,7 FM yang di Pandu oleh Petrus Kanisius.
Kegiatan lainnya dalam rangka hari bumi dilaksanakan di Kabupaten Kayong Utara, adapun kegiatan dilaksanakan oleh Relawan Bentangor untuk konservasi / RebonK (Relawan Yayasan Palung di Sukadana) mengadakan kegiatan Fieldtrip (kunjungan lapangan), panjat tebing bersama dengan FPTI Ketapang, pengamatan flora dan fauna secara langsung dan bakti sosial dengan bersih-bersih pantai di pantai pasir Mayang, Sukadana. (Pit - YP).

No comments:

Post a Comment