I made this widget at MyFlashFetish.com.

Tuesday, April 10, 2012

Yayasan Palung Ajak Relawan dan Sispala Melakukan Taksonomi Tumbuhan dan Pengamatan Burung







Minggu, (8/4/2012), Yayasan palung bersama Relawan Konservasi TAJAM dan Sispala Gersisman, SMA MAN 1 melakukan kegiatan pengamatan burung dan taksonomi tumbuhan di hutan kota kabupaten Ketapang.

Kegiatan ini berlangsung dari jam 05.30 Wib, untuk pengamatan burung dipandu oleh pengamat burung bapak Abdurahman Al qadrie. Sebagian besar burung-burung beraktivitas di pagi hari,oleh karena itu kita melakukan pengamatan di pagi hari tegas bapak Abdulrahman Al qadrie. Peserta dapat dipastikan tidak semua dapat melihat burung-burung tersebut secara langsung, namun peserta dapat mengidentifikasi burung-burung tersebut lewat suara, dan dibantu oleh pak Doy panggilan akrab Abdurahman Al qadrie.

Saat pengamatan berlangsung, peserta berjumpa dengan dua ekor burung hantu (Otus lempiji), yang sedang beristirahat di sekitar tempat pengamatan, satu persatu peserta mengamati burung hantu tersebut dan menuliskan hasil dari pengamatan. Selanjutnya peserta melakukan identifikasi burung menggunakan buku panduan pengamatan burung dan didukung oleh binokuler atau teropong, dengan bantuan tersebut peserta dapat melihat dan mengidentifikasi burung tersebut. Dalam pengamatan tersebut, peserta berhasil mengidentikasikan 17 jenis burung.

Untuk materi taksonomi tumbuhan, kegiatan ini dipandu oleh Edward Tang dan Tri Bedu staff dari yayasan palung. Taksonomi tumbuhan merupakan ilmu untuk melihat jenis dan bentuk batang daun. Materi ini dikhususkan hanya pada morfologi tumbuhan itu sendiri, lebih mengenal bentuk dan macam-macam jenis daun dengan menambahkan nama-nama latin pada setiap daun, belajar mengidentifikasi jenis daun dan nama latin setiap daun, peserta di bagi tiga kelompok untuk mencari contoh daun yang berbeda-beda, dan mempresentasikannya dengan menggunakan nama latin setiap daun yang akan di identifikasi dari mulai bentuk daun, batang daun, tulang daun, posisi daun, dan jenis daun ujar Bedu.

Adapun hasil yang diinginkan dari kegiatan ini adalah, sebagai metode perkenalan untuk lingkungan kepada siswa/I tentang potensi yang ada di hutan, dan lebih kepada pendidikan sejak usia sekolah tentang materi lingkungan dan isi hutan secara menyeluruh kata Edward Tang, selaku pemateri kegiatan.

Kegiatan berjalan sesuai dengan harapan. Namun sangat di sayangkan, di hutan kota untuk tingkat keamanan terhadap pengunjung masih sangat kurang aman, karena pada saat kegiatan kemarin ada beberapa helm siswa/I yang hilang. Selain itu, untuk kebersihan di sana masih cukup banyak sampah plastik yang berserakan di sekitar gertak atau jembatan tempat pengamatan. Peserta dalam kegiatan pengamatan tersebut dihadiri 29 orang pesrta dan diikuti oleh tim photografi, Pi-Pophy dan Kawan Burung Ketapang (KBK), pukul 12.30 wib kegiatan berakhir. (Pit-YP).

1 comment:

  1. Salam Kenal Dari kami SISPALA SMKN 1 BONDOWOSO JAWA TIMUR
    ::admin::
    by : munyok's +6289 763 250 98

    ReplyDelete