I made this widget at MyFlashFetish.com.

Monday, March 25, 2013

BEASISWA PEDULI ORANGUTAN KALIMANTAN



Foto 1 : Kesepakatan bersama antara OURF dan YP untuk memberikan beasiswa peduli orangutan Kalimantan. Doc. YP/2012

Beasiswa Peduli Orangutan Kalimantan atau Bornean Orangutan Caring Scholarship (BOCS) adalah program kerjasama antara Yayasan Orangutan Republik (OURF) dengan Yayasan Palung (YP). Beasiswa ini untuk Kalimantan sudah diljalankan sejak tahun 2012, namun untuk Sumatera sudah berjalan sejak tahun 2006, lihat di www.OranUtanRepublik.org. BOCS  diperuntukkan bagi putra / putri Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang strata 1 (S1). 

Beasiswa ini bertujuan untuk melahirkan generasi intelektual yang mempunyai komitmen dan kepedulian yang tinggi terhadap upaya-upaya perlindungan dan penyelamatan Orangutan Kalimantan dan habitatnya.

Penerima beasiswa akan dibiayai dari biaya masuk kuliah, SPP selama 8 semester hingga penelitian dan penulisan skripsi, sedangkan kewajiban mereka selama menempuh pendidikan setiap tahun selama 1 bulan menjadi relawan di Yayasan Palung dan membuat skripsi tentang konservasi orangutan Kalimantan.

Pada tahun 2012 sudah ada 2 mahasiswa yang menerima beasiswa ini yaitu Rinta Islami berkuliah di Fakultas Kehutanan UNTAN dan Risa Aprillia di FKIP PGSD UNTAN. Tahun 2013 ini Yayasan Palung kembali melakukan seleksi untuk mendapatkan 2 orang penerima beasiswa lagi. Seleksi tahap pertama sudah dilakukan pada 13 Maret 2012 pada 15 orang pendaftar terdiri dari 6 siswa berasal dari 3 SMA di Kabupaten Kayong Utara dan 9 siswa dari 7 SMA di Kabupaten Ketapang. 

Foto 2 : Direktur YP dan Direktur OURF bersama penerima beasiswa tahun 2012 lalu berserta para juri. Doc. YP
Untuk tahun ini (27 /03/ 2013), akan dilakukan seleksi tahap akhir terhadap 10 orang pendaftar yang lulus seleksi tahap pertama di kantor Yayasan Palung, di Ketapang. 

Adapun juri seleksi pada tahap pertama, melibatkan 2 orang guru masing-masing dari SMA Negeri 3 Ketapang dan SMA Anthiokia, sedangkan juri seleksi tahap akhir melibatkan 3 orang juri dari Dinas Pendidikan Ketapang, Dinas Pendidikan Kayong Utara dan Universitas Tanjungpura.

Perekrutan Beasiswa Peduli Orangutan Kalimantan ini memiliki criteria, dimulai dari calon penerima harus sudah duduk di SMA kelas 3, agar dapat menjaring siswa yang berprestasi namun mempunyai kesulitan biaya untuk melanjutkan kuliah. Penerima beasiswa nantinya berhak melanjutkan kuliah di Universitas Tanjungpura Pontianak

Semoga upaya yang dilakukan oleh Yayasan Palung dan Yayasan Orang Utan Republik ini dapat menjadi investasi sumber daya manusia yang lebih peduli terhadap kelangsungan lingkungan hidup khususnya Orangutan. 

Ditulis: Mariamah Achmad, Yayasan Palung

No comments:

Post a Comment