I made this widget at MyFlashFetish.com.

Tuesday, November 13, 2012

Belajar dan Menghayati Alam Lubuk Baji Bersama Sispala Repatones


Yayasan Palung memfasilitasi REPATONES (Remaja Pecinta Alam St. Yohanes) SMA Pangudi Luhur St. Yohanes  field trip ke Lubuk Baji Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) Kabupaten Kayong Utara, pada 9 – 11 Nopember 2012. Kegiatan ini diikuti oleh  21 anggota REPATONES, 1 guru pembina dan Kepala Sekolah didampingi oleh 4 orang staf Yayasan Palung dari tim Pendidikan Lingkungan yaitu Mariamah Achmad, Sy. Abdul Samad, pak Udin dan Edward Tang beserta  Sidik, dari relawan REBONK. 

Foto 1 : Memulai Perjalanan Menuju Camp Lubuk Baji, TNGP. doc. YP

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang kondisi dan keanekaragaman hayati hutan untuk menguatkan kecintaan siswa kepada alam. Kegiatan yang dilakukan selama field trip ini antara lain:
·       
      Pengenalan kawasan Taman Nasional. Yaitu tentang sejarah terbentuknya, luas kawasan, zonasi serta system dan manajemen pengelolaan.

 Foto 2 : Santai Sejenak, Melepas Dahaga dengan sejuknya air. doc. YP. 
·         Pengamatan satwa diurnal (aktif di siang hari). Yaitu memberikan pembekalan pada siswa tentang metode pengamatan satwa primate, jenis satwa yang ada dalam kawasan, perilaku satwa, daerah jelajah, ekologi, mating system, dan reproduksi. Dalam pengamatan ini, beberapa kelompok melihat langsung beberapa kelompok satwa primate seperti kelasi, owa, burung enggang dan kijang. Selain itu juga mendengar berbagai suara satwa lainnya seperti burung ruwai (Argusianusargus) yang merupakan cendrawasihnya Kalimantan, ratupa, wood peaker, dll.


 Foto 3 : Melakukan Analisa Vegetasi. doc. YP.
·        
 Pengamatan satwa nocturnal (satwa yang aktif di malam hari). Pada kegiatan ini siswa dibekali pemahaman tentang jenis-jenis satwa yang aktif di malam hari, ekologi satwa, pola hidup, jenis makanan, daerah jelajah, dll.
·         Analisa vegetasi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan siswa tentang keragaman flora yang terdapat di hutan tropis Indonesia pada umumnya dan kawasan TNGP pada khususnya. Melalui kegiatan ini siswa diajak langsung untuk mengamati berbagai jenis tumbuhan dengan melakukan pengamatan pada plot yang berukuran 2 x 2 meter. Dalam plot tersebut siswa akan melakukan observasi pada tiap tumbuhan mengenai taksonomi, morfologi, phylotaxis, dan nervatio.

Foto 4: Game Kenal Daun. doc. YP.

·          Foto 5 :  Presentasi Analisa Vegetasi. doc. YP.
Foto 6 : Pemberian Materi Pengamatan Satwa. doc. YP.  

Wisata alam, berupa pemandangan di Batu Bulan. Kegiatan ini merupakan acara santai setelah banyak melakukan aktivitas yang bersifat sains. Perjalanan menuju Batu Bulan ditempuh sekitar 1 jam dari base camp Lubuk Baji dengan sedikit mendaki. Dari atas Batu Bulan, siswa diajak untuk menikmati panorama alam yang indah dari ketinggian ±50-60 meter dengan kecuraman hampir 90 derajat, dimana kawasan zona inti Taman Nasional terlihat jelas dan juga areal persawahan yang hijau membentang bak permadani yang sangat menawan. Sepulangnya dari Batu Bulan, siswa kembali menjumpai sekelompok kelasi dan sekelompok owa, hal ini mengindikasikan bahwa individu dan kelompok satwa primate di Lubuk Baji masih sangat baik.


Foto 7 : Serah Terima Jabatan/ Sertijab pengurus lama dan baru Repatones. doc. YP.
·     
Acara serah terima jabatan. Setelah melakukan evaluasi kegiatan, dilakukan acara serah terima jabatan pengurus REPATONES 2011/2012 kepada pengurus 2012/2013 yang dipimpin langsung oleh guru pembina dan kepala sekolah.

Laporan Informasi oleh : Edward Tang dan

1 comment: