I made this widget at MyFlashFetish.com.

Thursday, November 8, 2012

Bahan Bacaan : “Kualitas air yang baik, sangat penting bagi kehidupan”



Kualitas air yang baik sangatlah diperlukan untuk kebutuhan hidup manusia, hewan dan tumbuhan. Oleh karena itu kita perlu mengetahui ciri-ciri kualitas air yang baik untuk dikonsumsi khususnya oleh manusia.
Dari sudut pandang biologi, air memiliki sifat-sifat yang penting untuk adanya kehidupan. Air dapat memunculkan reaksi yang dapat membuat senyawa organic untuk melakukan replikasi. Semua makhluk hidup yang diketahui memiliki ketergantungan terhadap air. Air merupakan zat pelarut yang penting untuk makhluk hidup dan adalah bagian penting dalam proses metabolisme. Air juga dibutuhkan dalam fotosintesis dan respirasi. Fotosintesis menggunakan cahaya matahari untuk memisahkan atom hidroden dengan oksigen. Hidrogen akan digunakan untuk membentuk glukosa dan oksigen akan dilepas ke udara.
Berikut ini kita membahas tentang kualitas air yang baik secara fisik. Kualitas air yang baik secara fisik adalah;

Rasa

Kualitas air bersih yang baik adalah tidak berasa. Rasa dapat ditimbulkan karena adanya zat organik atau bakteri. Usur lain yang masuk kedalam badan air.

Bau

Kualitas air bersih yang baik adalah tidak berbau, karena bau ini dapat ditimbulkan oleh pembusukan zat organik seperti bakteri serta kemungkinan akibat tidak langsung dari pencemaran lingkungan, terutama sistem sanitasi.

Suhu

Secara umum, kenaikan suhu perairan akan mengakibatkan kenaikan aktivitas biologi sehingga akan membentuk O2 (Oksigen) lebih banyak  lagi. Kenaikan suhu perairan secara alamiah biasanya disebabkan oleh aktifitas penebangan vegetasi di sekitar sumber air tersebut, sehingga menyebabkan banyaknya cahaya matahari yang masuk tersebut mempengaruhi akuifer yang ada secara langsung atau tidak langsung.

Kekeruhan

Kekeruhan air dapat ditimbulkan oleh adanya bahan-bahan organik dan anorganik, kekeruhan juga dapat mewakili warna. Sedang dari segi estetika kekeruhan air dihubungkan dengan kemungkinan hadirnya pencemaran melalui buangan sedang warna air tergantung pada warna buangan yang memasuki badan air.

TDS atua jumlah zat padat terlarut (total dissolved solids) 

Adalah bahan padat yang tertinggal sebagai residu pada penguapan dan pengeringan pada suhu 103 C – 105 C dalam portable water kebanyakan bahan bakar terdapat dalam bentuk terlarut yang terdiri dari garam anorganik selain itu juga gas-gas yang terlarut.

Kandungan total solids pada portable water biasanya berkisaran antara 20 sampai dengan 1000 mg/l dan sebagai suatu pedoman kekerasan dari air akan meningkatnya total solids, disamping itu pada semua bahan cair jumlah koloit yang tidak terlarut dan bahan yang tersuspensi akan meningkat sesuai derajat dari pencemaran (sutrisno, 1991).

Zat padat selalu terdapat dalam air dan kalau jumlahnya terlalu banyak tidak baik sebagai air minum, banyaknya zat padat yang diisyaratkan untuk air minum adalah kurang dari 500 mg/l. Pengaruh yang menyangkut aspek kesehatan dari pada penyimpangan kualias air minum dalam hal total solids ini yaitu bahwa air akan memberikan rasa tidak enak pada lidah dan rasa. 
Foto : Air/ Internet.

1 comment:

  1. numpang share info:

    Bro / Sis tau kan bahwa 90% tubuh kita mengandung air? bisa bayangkan bila air yang setiap hari kita minum kurang baik kualitasnya, maka apa jadinya tubuh kita?

    Mau jauh lebih sehat? ya segalanya dimulai dari hal yang paling dasar tapi PENTING, YAITU GANTI AIR MINUM ANDA DGN QQ ION WATER Bottle.

    mw liat dasyat'y QQ Ion Water Bottle? liat aja video Demo Sederhana QQ Ion Water Bottle berikut ini: http://youtu.be/nUJdtYjbudU

    *Produk yg kami tawarkan adalah QQ Ion Water Bottle yaitu Botol berikut dengan Filter dan air didalam botol berasal dari air minum anda sehari-hari yang nanti'y akan di proses didalam botol QQ tersebut (bukan air didalam botol'y dan sekali minum habis sprti air mineral diluaran). Untuk Filter dapat diganti dgn yang baru setelah 6bulan pemakian.

    APA ITU QQ ION WATER?
    QQ ION WATER adalah air minum yang telah melalui 6 tahap purifikasi dgn Kenkouseki Ceramic lisensi dari Jepang, yang menghasilkan air berkualitas tinggi krna mengandung ALKALI dan OKSIGEN, serta mineral lainnya dan pastinya itu semua sangat dibutuhkan dan berkhasiat sekali bagi tubuh kita.

    APA AJA KHASIAT QQ ION WATER?
    - sebagai powerfull antioxidant
    - menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes
    - mengurangi resiko osteoporosis
    - menurunkan kadar asam urat
    - meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit
    - mengikat lemak berlebih jadi bisa untuk menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan ideal
    - dan masih banyak lagi, kalau saya masukan semua tidak akan muat lho hehehe. Agan/Aganwati bisa contact saya untuk info khasiat lain.

    KENAPA HARUS QQ ION WATER Bottle?
    Karena QQ ION WATER bottle sudah sangat teruji dan mendapatkan sertifikat FDA (Food & Drugs Administration, BPOM'y Amerika yang bertaraf internasional), jadi bukan sekedar sertifikat taraf nasional seperti kebanyakan produk pesaing. Yang pasti'y untuk mendapat Sertifikat FDA jauh lebih sulit dan harus lolos FDA TEST yang ketat.

    Selain itu QQ ION WATER Bottle juga jauh lebih praktis, karena dapat dibawa kemana-mana sehingga kapanpun dan dimanapun Anda berada tetap dapat minum AIR BERKUALITAS.

    Dan pastinya, QQ ION WATER cocok untuk segala umur, dari balita hingga dewasa dan lansia.

    BERAPA HARGANYA? PASTI MAHAL? TENANG Bro n Sis. Diluaran sana memang banyak produk sejenis dgn merk berbeda, tapi harga jauh lebih mahal, bisa mencapai 1.500.000, tapi saat ini QQ ION WATER Bottle lagi ada promo untuk Anda yang ingin segera ganti air minumnya jadi air yang lebih berkualitas.

    Dari Harga Normal Rp. 550.000 belum termasuk ongkir, kini Agan/Aganwati cukup dengan Rp. 400.000 sudah bisa mendapatkan QQ ION WATER + FREE ONGKIR SELURUH INDONESIA. WOW BGT KAN? Diskon sampai Rp. 150.000 LHO!!!

    Dan untuk 10 Pembeli Pertama, akan mendapatkan tambahan bonus G-Power Bracelet, Gelang kesehatan yang juga ngak kalah banyak manfaatnya dengan QQ ION WATER, Gelang G-Power senilai 200.000 akan menjadi milik Anda secara cuma-cuma bila Anda pesan QQ ION WATER SEKARANG JUGA. Gelang Sporty n Healthy yaa G-Power Bracelet.

    Minat? Langsung Hub saya:
    Leon
    316BF601
    088808714636.

    ReplyDelete