I made this widget at MyFlashFetish.com.

Friday, November 30, 2012

Aksi Damai Memperingati Pekan Peduli Orangutan 2012



            Kemarin (29/11), sejumlah relawan Tajam dari Yayasan Palung melalukan aksi damai dengan turun ke jalan untuk memperingati pekan peduli orangutan tahun 2012. Aksi damai dilakukan di Bundaran Agoes Djam Ketapang, pukul 15.30 wib. 
Foto 1:  Relawan Tajam saat melakukan aksi damai dalam rangka pekan peduli orangutan di bundaran Agoes Djam Ketapang. foto doc. YP.

             Aksi damai yang diikuti oleh 10 orang relawan tersebut melakukan aksi diam dengan memakai topeng bergambar orangutan dan menyampaikan pesan-pesan tentang keadaan dan keprihatinan terhadap orangutan saat ini.
            Dalam pesan-pesan pesan tersebut para relawan berdiri di tiga titik jalan di bundaran Agoes Djam sambil membawa properti berupa foto orangutan yang berada dalam kerangkeng dan membawa boneka orangutan. Selain itu juga, mereka membawa poster, stiker dan majalah MiAS (media informasi satwa-red) untuk dibagi-bagikan kepada pengendara yang melewati ruas jalan.
            Adapun pesan-pesan yang disampaikan dalam aksi damai itu diantaranya; " Lindungi Orangutan", " Stop kekerasan terhadap Orangutan", " Lestarikan Hutan Untuk Anak Cucu Kita", " Hutan Bukan Warisan Tetapi Titipan" dan " Selamatkan Hutan dan Orangutan".    
 foto 2 : Penyampaian Pesan-pesan untuk orangutan dalam rangka PPO 2012, foto doc. YP.

            Pekan Peduli Orangutan yang diperingati pada tahun 2012 melalui aksi damai tersebut merupakan keprihatinan mengingat keberadaan orangutan saat ini semakin terancam keberadaannya akibat semakin meningkatnya tingkat keterancaman  berupa  hutan yang berpengaruh pada semakin menurunnya populasi dan habitat orangutan akibat pembukaan lahan baik untuk perkebunan dan Pertambangan serta pembangunan.
 foto 3 : Saat Aksi damai dan pembagian stiker, poster dan MiaS dalam rangka PPO 2012, kepada para pengguna jalan. foto doc. YP.
 
            Aksi damai ini dilakukan dengan tujuan untuk memberitahukan dan menyampaikan  kepada masyarakat umum tentang perlunya kepeduliaan bersama terhadap satwa endemik ini, mengingat posisi keterancaman orangutan yang terus berlanjut, sudah sepatutnya untuk menjadi perhatian dari berbagai pihak baik pemerintah, LSM, Sektor Swasta dan masyarakat dalam upaya perlindungannya, terutama  orangutan yang berada di alam bebas.
 foto 4 : konvoi di jalan raya dalam rangka PPO 2012 Yayasan Palung, foto doc. YP.
            Kegiatan berupa aksi damai tersebut mendapat sambutan baik dari masyarakat yang melalui jalan di mana aksi tersebut dilakukan. Misalnya saja bapak Andi, seorang pengendara yang kebetulan berhenti dan berucap, orangutan dan hutan sudah saatnya untuk menjadi perhatian semua.  Aksi tersebut berjalan sesuai dengan rencana dan selesai pukul 17.00 wib.
             
           

1 comment:

  1. Semoga dari hasil kegiatan Konfrensi Pers di PPO, pelepasliaran orangutan yang ada di Kandang Transit mereka semua kembali ke habitat.. Nah sekarang bagi petinggi-petinggi yang punye kewenanganlah yang memikirkan hal ini. Dalam hal ini kita sebatas membantu mereka yntyk memfasilitasi saja.

    ReplyDelete